10 Tips Menata Ruang Kantor Bisnis Baru Anda

10 Tips Menata Ruang Kantor Bisnis Baru Anda

Setiap orang pasti mengharapkan tampilan ruang kantor yang bagus dan nyaman untuk bisnis baru Anda. Demi mewujudkan hal tersebut, tidak sedikit yang menggunakan jasa desain profesional untuk menatanya. Terlepas dari apakah Anda akan memakai jasa profesional, pastikan untuk menerapkan 10 tips berikut saat menata ruangan kantor bisnis baru Anda.

10 Tips Menata Ruang Kantor Bisnis Baru Anda

Dekorasi yang Memicu Produktivitas

Tingkat produktivitas usaha juga bisa Anda pacu dengan dekorasi ruang kantor yang tepat seperti dinding berupa poster kanvas kata-kata motivasi. Selain itu perhatikan pula beberapa elemen berikut:

  • Penerangan kantor yang baik
  • hadirkan suhu yang tidak terlalu dingin dan cenderung mendekati suhu kamar normal
  • sediakan aromaterapi dengan wangi tertentu seperti bau pinus untuk meningkatkan kewaspadaan, kayu manis untuk mempertajam fokus hingga lavender untuk menghindari stres saat bekerja.
  • Pastikan sistem saluran udara dan ventilasinya memadai.

Tinggalkan Ciri Kaku Korporat

Tinggalkan saja meja kerja yang berat dan kaku, warna-warna ala kayu yang konvensional, hingga pajangan profesional yang umum dipakai di pada perkantoran. Sebaliknya, Anda bisa menonjolkan ciri khas bisnis baru Anda dengtan memilih furnitur bergaya casual atau jika hal tersebut tidak memungkinkan Anda bisa menyusun ruangan kantor dengan konsep terbuka.

Posisi, Tata Letak, dan Desain Ruangan Kantor

Posisikan seluruh elemennya secara seimbang. Misalnya lemari arsip yang tidak terlalu tinggi, standar ideal meja dan kursi duduk, ruang pantry yang tidak terlalu jauh, hingga ruang meeting yang memberikan privasi.

Optimalkan Ruangan Kantor

Optimalkan ruang kantor usaha baru Anda dengan menciptakan ruang kerja yang fungsional, seperti kubikel atau meja kantor yang tersusun efisien. Anda juga bisa memisahkan ruangan khusus untuk kegiatan dokumen seperti mesin fotokopi dan alat-alat kantor.

Investasi Pada Furnitur Ergonomis

Selain mempertimbangkan desainnya, pilih furnitur utama yang juga mendukung kegiatan sehari-hari kantor seperti opsi kursi kantor yang ergonomis.

Maksimalkan Fungsi Storage

Jika pertumbuhan dokumen Anda diprediksi pesat maka dibandingkan  membeli lemari arsip secara terpisah cobalah alternatif dengan menyediakan ruang arsip bersekat ruangan khusus. Prinsipnya, fokus pada tata cara dokumentasi dan sistem arsip sejak dini.

Buat Ruangan Senyaman Mungkin

Anda bisa membuat ruangan yang nyaman dengan menambahkan karpet yang lembut, dekorasi dinding atraktif, hingga tirai jendela yang lembut. Sempurnakan dengan meletakkan tanaman hijau.

Bermain Warna di Dinding

Dinding berwarna netral menjadi ciri khas usaha konservatif seperti perbankan atau jasa konsultasi legal. Untuk ruangan kantor yang bersifat kreatif, Anda bisa menerapkan warna-warna yang lebih hangat bahkan ceria seperti pada kantor Google. Jadi, Anda bisa mengekspresikan bisnis baru dengan pilihan cat tersebut.

Lighting yang Pas

Instalasi lampu atau lighting bisa memberi kesan dramatis dengan desain yang unik dan menarik. Pemilihan desain yang estetik tidak akan menggangu kinerja Anda karena letak lampu tergantung diatas.

Cari Furnitur Dengan Fleksibilitas Tinggi

Daripada furnitur berat ala perkantoran pada umumnya. Khusus bisnis baru lebih baik Anda mulai mempertimbangkan untuk membeli furnitur yang lebih fleksibel.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *