3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Lemari Arsip

3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Lemari Arsip

Dari banyaknya jenis furnitur kantor yang digunakan, tentu saja lemari arsip adalah tak kalah pentingnya di sediakan kantor. Bukan tanpa alasan, karena lemari memiliki fungsi utama dalam menyimpan arsip atau berbagai jenis dokumen penting sehingga pemandangan kantor akan tampak lebih rapi. Tak hanya itu saja, menyimpan dokumen di dalam lemari khusus juga memudahkan karyawan saat ingin mencari dokumen tertentu yang dibutuhkan.

3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Lemari Arsip

Bayangkan saja jika dokumen atau file yang Anda simpan sembarangan atau berserakan tidak beraturan, pastinya akan sulit dicari atau bahkan yang lebih parahnya bisa saja hilang dan tercampur dengan dokumen lainnya. Oleh sebab itu, memang sangat penting untuk menyediakan lemari khusus untuk menyimpang dokumen atau file penting di setiap kantor. Hanya saja, Anda tidak boleh membeli lemari penyimpan dokumen secara sembarangan. Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih lemari arsip kantor yang bisa Anda simak.

Stabilitas Lemari Arsip

Dari segi kegunaannya, lemari arsip berfungsi untuk menyimpan dokumen dan file penting secara aman. Saat lemari sudah terisi penuh, maka beban lemari akan bertambah dan menjadi lebih berat sehingga dikhawatirkan membuatnya menjadi tidak stabil dan bisa jatuh menimpa seseorang. Untuk mencegah hal membahayakan tersebut terjadi, makan dalam memilih lemari penyimpan dokumen, pilihlah lemari yang stabil dan aman, meskipun dalam lemari tersebut dalam kondisi menjadi lebih berat.

Keamanan Lemari Arsip

Setiap kantor pasti memiliki dokumen rahasia yang tidak semua orang bisa mengaksesnya secara bebas, kecuali orang-orang tertentu yang dianggap berkepentingan. Anda bisa memilih lemari arsip yang memiliki sistem penguncian ekstra untuk mencegah pencurian dokumen penting tersebut. Oleh sebab itu jika Anda memiliki rencana untuk menyimpan dokumen sangat penting di dalam lemari, maka sebaiknya Anda pertimbangkan untuk mencari lemari yang memiliki sistem keamanan tinggi, misalnya memiliki sistem penguncian ganda dan tahan terhadap api.

Pasalnya, jika hanya disimpan dalam lemari biasa saja, maka ada kemungkinan lemari tersebut tidak mampu menahan suhu tinggi jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran. Umumnya, harga lemari jenis ini terbilang mahal karena lemari tersebut diberikan lapisan tambahan keamanan yang tahan terhadapap suhu tinggi sehingga keamanan dokumen Anda tetap terjaga meskipun terjadi kebakaran di kantor Anda.

Daya Tahan Lemari Arsip

Kebanyakan lemari arsip memiliki daya tahan yang cukup lama sebagai property kantor. Hanya saja ada berbagai macam jenis lemari yang masih-masing memiliki tingkat bobot yang berbeda-beda. Misalnya lemari yang terbuat dari besi dengan daya tahan yang lebih lama dibanding lemari yang terbuat dari besi.

Jadi, pastikan sebelum Anda membeli lemari arsip, pilihlah lemari yang memang didesain untuk kenyamanan dan keamanan dalam menjadi dokumen perusahaan. Pasalnnya lemari merupakan properti yang berfungsi untuk memastikan jika proses pengarsipan kantor berjalan dengan lancar.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *