3 Jenis Lemari Kantor dan Fungsinya yang Harus Diketahui

3 Jenis Lemari Kantor dan Fungsinya yang Harus Diketahui

Lemari di rumah mungkin fungsinya lebih banyak ditujukan untuk menyimpan koleksi fashion, aksesoris ataupun juga koleksi sepatu hingga tas. Namun agak berbeda untuk sebuah instansi atau kantor. Lemari kantor lebih ditujukan untuk kebutuhan penyimpanan dokumen-dokumen penting yang sudah dibuat dari waktu ke waktu. Mengingat dengan adanya dokumen ini nantinya bisa digunakan sebagai acuan untuk membuat strategi-strategi baru di masa yang akan datang. Agak berbeda dengan laporan pembukuan keuangan yang lebih ditujukan untuk melihat perkembangan sebuah perusahaan dari waktu ke waktu.

 3 Jenis Lemari Kantor dan Fungsinya yang Harus Diketahui

Untuk kebutuhan pengarsipan ini sendiri lemari kantor nantinya masih dibagi lagi kedalam beberapa jenis. Agar tidak salah pilih, ketahui dulu pilihan jenisnya beserta fungsi lemari tersebut, diantaranya adalah: 

  1. Lemari arsip kayu, lemari yang satu ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, biasanya ditujukan untuk penyimpanan dokumen yang sifatnya masih sementara. Artinya bisa jadi dokumen tersebut nantinya dipindahkan ke lemari penyimpanan yang lainnya atau justru akan dibuang. Selain terbuat dari kayu ada juga yang dibuat dari bahan dasar besi, tentunya lebih kuat dan awet.
  2. Lemari arsip filling cabinet, bentuknya menyerupai sebuah lemari kotak-kotak kecil yang terstruktur. Bentuk atau desainnya memang sengaja dibuat satuan kotak-kotak, tak lain fungsinya adalah dipakai untuk membeda-bedakan atau istilah lainnya adalah filling antara satu macam dokumen dengan dokumen yang lainnya, berbeda penempatan angka maka akan berbeda pula isi yang ada di dalamnya, begitu pula jika melihat dari segi susunannya yang begitu banyak terkadang agak membingungkan, sehingga harus diberikan sebuah label atau catatan terlebih dahulu, sehingga lebih mudah menyimpan atau mencari dokumen lama.
  3. Lemari arsip mobile file system, jika seri filling cabinet ini memiliki bentuk kotak-kotak kecil yang rapi, maka akan berbeda dengan model yang satu ini, nyatanya ia ditawarkan dengan berisi yang lebih multifungsi, panjang dan ada susunan rak di setiap bagiannya. Sehingga setiap bagian nantinya dapat ditempati dengan dokumen sesuai dengan keterangan yang tertera. Karena muatannya yang cukup banyak dan juga modelnya lebih bagus, biasanya dari segi harga jenis yang satu ini juga lebih mahal dibandingkan dengan filling cabinet biasa

Dengan menempatkan lemari kantor semacam ini nantinya akan mempermudah dalam mengkoordinir setiap dokumen penting dalam kantor. Ragam pilihan bahan dan jenisnya begitu banyak, konsumen bisa membeli sesuai keutuhan, di sebuah kantor biasanya ada ruang khusus yang dipakai menyimpan lemari-lemari semacam ini, apalagi untuk sebuah perkantoran atau instansi yang besar. Karena banyak dokumen yang masuk, maka lebih banyak pula lemari yang ditempatkan, karyawan harus hafal agar tak salah dalam mencari dan menempatkannya kembali.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *