4 Jenis Ruang Kantor yang Bisa Dipilih

4 Jenis Ruang Kantor yang Bisa Dipilih

Ruang kantor adalah ruangan yang ada di perusahaan yang merupakan tempat kerja untuk karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan kantornya sehari-hari. Ruang tersebut akan menjadi tempat yang seharian karyawan menghabiskan waktunya sehingga mudah bosan atau tidaknya atau bahkan nyaman tidaknya akan ditentukan juga oleh pengaturan ruang tersebut. Untuk mengatur ruang tersebut sendiri ada 4 jenis ruangan yang bisa dipilih yang mempunyai keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya saja 4 jenis ruangan yang bisa dipilih untuk menata kantor atau perusahaan adalah sebagai berikut ini:

4 Jenis Ruang Kantor yang Bisa Dipilih

  • Tata ruang yang tertutup

Jenis pertama yang dapat dipilih adalah ruangan kantor yang mempunyai konsep tertutup. Ruangan jenis ini banyak dijumpai dan biasanya dibedakan dari divisi masing-masing. Di divisi tersebut juga mempunyai ruang atau sekat seperti kamar-kamar sehingga akan lebih memberikan kesan privat untuk karyawan. Untuk sekat yang dipilih tersebut bisa sesuai keinginan apakah yang setinggi manusia atau bisa juga setengahnya. Ruangan kantor dengan tata ruang tertutup ini mempunyai banyak keuntungan yang bisa dirasakan. Seperti misalnya lebih menawarkan privasi untuk karyawan, lebih bisa berkonsentrasi ketika bekerja, mempunyai pembagian divisi yang jelas, dan juga lebih terlihat rapi dan bersih. Sedangkan untuk kekurangannya adalah komunikasi yang kurang efektif, mempersulit pengawasan untuk pimpinan, dan juga membutuhkan ruang lebih luas.

  • Tata ruang yang terbuka

Jenis selanjutnya dari ruang kantor yang dapat dipilih untuk mengatur kantor adalah yang mempunyai ruang terbuka. Open plan office ini mempunyai ciri dengan banyak meja dan juga divisi digabungkan sekaligus. Keuntungan dari ruang ini adalah pimpinan akan lebih mudah untuk mengawasi kerja karyawannya. Tetapi mempunyai kekurangan dengan karyawan yang kurang fokus, batas kedudukan yang kurang jelas, kerahasiaan pekerjaan yang kurang terjamin, dan juga kantor yang terlihat kurang rapi.

  • Tata ruang yang berhias

Pilihan selanjutnya yang ada ketika akan menata ruangan kantor adalah yang berhias. Jenis ruang ini adalah yang biasanya menggunakan tema sehingga membuat karyawan lebih betah. Misalnya saja menggunakan tema hipster sehingga lebih santai, minimalis, hutan, laut, dan juga berbagai tema lainnya yang dipilih bersama sehingga akan membuat lebih nyaman. Akan tetapi kekurangan dari tata ruang ini adalah membutuhkan biaya yang lebih banyak.

  • Tata ruang gabungan

Dan jenis ruang kantor lainnya dapat ditata dengan konsep gabungan yaitu menggabungkan beberapa konsep diatas sekaligus. Misalnya saja setiap divisi akan dipisahkan sehingga mempunyai ruangan sendiri. Akan tetapi di ruangan tersebut menggunakan konsep tata ruangan kantor yang terbuka sehingga akan lebih memudahkan untuk komunikasi. Selain itu juga bisa untuk mengatur konsepnya sendiri dengan membuat ruangan yang mempunyai tema sendiri setiap divisinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *