4 Pertimbangan dalam Memilih Berbagai Alat Kantor

Memilih alat kantor dan berbagai perlengkapannya sama pentingnya dengan pemilihan barang elektronik untuk rumah Anda. Hal ini disebabkan tak hanya akan berpengaruh terhadap produktivitas kantor, memilih peralatan yang terbaik untuk kantor akan memberi prospek yang baik. Selain akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja, pemilihan yang didasari kebijaksanaan akan membuat pengeluaran kantor dapat ditekan dan dialokasikan ke hal-hal lain yang tak kalah penting. Oleh karena itu, ada beberapa pertimbangan yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk membeli atau berbelanja peralatan kantor:

  • Kebutuhan kantor.

Kebutuhan kantor memang sudah sewajarnya menjadi perhatian yang utama, setelah itu barulah Anda akan menentukan peralatan apa sajakah yang harus Anda beli. Meja serta kursi kantor yang nyaman merupakan hal yang penting dan wajib dibeli sebab hal ini berkaitan dengan produktivitas para karyawan. Biasakan untuk membeli peralatan kantor dalam jumlah yang cukup, tidak kurang dan tidak terlalu banyak. Jika kemungkinan suatu hari nanti Anda akan membutuhkan yang lebih banyak, maka belanjalah pada hari itu, tidak perlu sekarang.

  • Efektivitas dan fungsionalitas peralatan.

Peralatan kantor yang Anda butuhkan memiliki tingkat efektivitas serta frekuensi pemakaian yang berbeda. Anda harus membuat skala prioritas yaitu dengan membeli alat kantor manakah yang memang harus didahulukan. Skala prioritas ini berdasarkan efektivitas dan frekuensi penggunanya tersebut. Semakin sering digunakan maka Anda harus menempatkannya pada bagian atas daftar belanja. Pertimbangkan juga untuk memilih peralatan yang fungsinya lebih dari satu, misalkan saja membeli meja kantor dengan banyak laci.

Memilih peralatan kantor juga haruslah mempertimbangkan segi ergonomis dan kemudahan dalam pemakaian sehingga siapa saja dapat mempergunakannya dengan mudah. Pemilihan perabotan juga harus sesuai konsep desain ruangan.

 baca juga beberapa alat kantor yang wajib ada di meja kerjamu. lihat selengkapnya di provokantor.com

  • Ukuran yang sesuai.

Ukuran peralatan yang Anda pilih tentu harus sesuai dengan luas ruangan kantor Anda. Perabot yang minimalis dengan ukuran sedang akan lebih cocok untuk ruangan yang minimalis pula, atau ruangan yang tidak terlalu luas sehingga akan memberikan kesan lapang pada ruangan Anda. Namun peralatan kantor yang kecil pada ruangan kantor yang besar juga akan memberikan kesan ruangan nampak kosong atau terlalu lega. Intinya, peralatan kantor jangan sampai menghambat mobilitas pegawai.

  • Kenyamanan dan estetika.

Tidak dipungkiri bahwa segala sesuatu yang nyaman dan estetis memang akan memberikan kesan menyenangkan dan dambaan setiap orang, terutama bagi mereka para pegawai. Jika Anda ingin mendapatkan kantor yang nyaman, maka pemilihan alat kantor juga harus tepat dari mulai jenis, model hingga warna peralatan. Pemilihan yang tepat akan membuat suasana kantor menjadi lebih hidup dan bersemangat. Anda juga dapat mengedepankan kesan dari nilai-budaya perusahaan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *