4 Tips Menata Meja Kantor Agar Kerja Semakin Produktif

4 Tips Menata Meja Kantor Agar Kerja Semakin Produktif

Mungkin Anda pernah merasa menjadi tidak produktif ketika sudah di meja kerja. Entah apa penyebabnya, semangat kerja menjadi hilang sehingga pekerjaan yang menunggu tidak dapat diselesaikan secara optimal. Jika Anda berpikir bahwa mood yang tidak sesuai adalah penyebabnya, coba lihat keadaan meja kantor Anda. Bisa saja keadaan meja Anda yang tidak beraturan menjadi dalangnya.

4 Tips Menata Meja Kantor Agar Kerja Semakin Produktif

Melihat betapa pentingnya pentingnya meja kerja bisa meningkatkan produktivitas, maka sebaiknya mulai sekarang Anda harus menatanya agar bisa menjadi tempat yang nyaman untuk bekerja. Jika masih binging dengan cara menata yang tepat, berikut ini ada beberapa tips menata meja kantor yang sederhana namun dapat berdampak besar dalam menimbulkan semangat dan produktif bekerja

Sediakan Tempat Sampah di Sekitar Meja Kerja

Beberapa orang membiarkan meja kantor mereka terlihat kotor karena malas membuang sampah ke tempat sampah yang berada jauh dari tempat duduknya. Oleh karena itu, sediakan tempat sampah di samping atau di bawah kolong meja Anda. Dengan demikian, jika Anda ingin membuang sampah-sampah seperti kertas, bungkusan permen dan sampah lainnya, Anda bisa langsung membuangnya ke tempat sampah tanpa harus repot berpindah posisi. Hal ini pastinya akan membuat meja Anda menjadi jauh lebih bersih dan rapi.

Singkirkan Semua Benda yang Tidak Perlu

Sebagaimana fungsinya, meja kantor memang digunakan untuk bekerja bukan untuk berkegiatan lain. Hanya saja, kehadiran benda-benda yang perlu berada di meja kerja, cenderung membuat konsentrasi Anda jadi teralihkan sehingga fokus bekerja Anda jadi terganggu. Beberapa benda tersebut bisa berupa alam make up bagi meja kerja perempuan, camilan atau bahkan mainan. Untuk itu, sudah waktunya semua benda tidak perlu tersebut Anda singkirkan sejenak dari pandangan Anda selama di meja kerja. Tata ulang meja kerja Anda dan letakkan semua benda tersebut di dalam laci.

Pasang Sticky Notes sebagai Pengingat

Setiap pekerjaan pasti memiliki deadline atau batas waktu penyelesaian. Jika tenggat waktu pekerjaan sudah dekat, semangat Anda untuk segera menyelesaikan pekerjaan tersebut pasti terpacu. Agar Anda bisa lebih giat dalam bekerja, pajang sticky notes sebagian pengingat deadline di meja kantor Anda. Selain berisikan tenggat waktu pekerjaan, Anda juga bisa mengisinya dengan kegiatan dan hal-hal apa saja yang perlu di lakukan dalam waktu dekat. Untuk membuatnya lebih menarik perhatian gunakan notes dengan berbagai warna dan letakkan di tempat yang mudah dilihat, seperti di atas dokumen yang mesti dikerjakan, di pinggir layar komputer, ataupun tempat lainnya yang berada dalam jarak lurus pandangan mata Anda.

Jangan Biarkan Ada Benda yang Berserakan

Kondisi meja kantor yang berantakan jadi penyebab rasa malas menyelesaikan pekerjaan, terlebih lagi jika banyak barang yang berhamburan di atas meja. Cobalah untuk menata meja kerja Anda dengan meletakkan benda dalam wadah masing-masing, misalnya tumpukan dokumen simpan di binder untuk kemudian diletakkan di sudut meja dan meletakkan peralatan tulis yang berhamburan di dalam tempat pensil. Hal ini penting dilakukan karena selain bisa membuat rasa malas timbul, banyaknya benda berserakan di atas meja Anda juga bisa ruang gerak selama bekerja

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *