5 Alasan Mengapa CCTV Wajib Dipasang di Tempat Kerja

5 Alasan Mengapa CCTV Wajib Dipasang di Tempat Kerja

Luasnya gedung tempat kerja atau kantor, membuat petugas keamanan kesulitan dalam mengawasai setiap sudut gedung. Dengan adanya kamera pengawas yang ditempatkan di tempat kerja mampu membantu mengawasi beberapa hal yang luput dari pengawasan. Tentu saja hal ini akan menunjang sistem pengawasan area kerja. Selain itu, masih banyak lagi keuntungan yang akan didapatkan dengan terpasangnya CCTV, seperti ulasan di bawah ini.

5 Alasan Mengapa CCTV Wajib Dipasang di Tempat Kerja

Mencegah Kriminalitas

Sebelum melakukan tindak kejahatan, para pelaku kriminal biasanya melakukan observasi pada target lokasi terlebih dahulu. Namun, dengan adanya CCTV, membuat para pelaku kejahatan akan berpikir dua kali jika ingin muncuri harta dan aset miliki perusahaan. Pasalnya, kamera pengawas akan merekam gerak-gerik mencurigakan dari pelaku kejahatan sebelum mereka menjalankan aksinya. Petugas keamanan dapat melihat ulang rekaman yang ditampilkan pada layar dan bisa jadi mereka bisa melakukan tindakan pencegahan dengan mengamankan para pelaku sebelum aksi kejahatan mereka terjadi. Dengan demikian, tindak kejahatan bisa dicegah dan aset perusahaan pun terselamatkan.

Memantau Kegiatan Di Area Kerja

CCTV bisa mencakup area kerja luas, baik itu area kerja yang kurang ditempati karyawan, maupun area kerja yang banyak ditempati oleh orang, seperti mall, ruangan kantor dengan puluhan pegawai. Di dalam area tempat kerja yang luas, membuat petugas keamanan sulit mengawasi ruangan secara keseluruhan. Oleh sebab itu diperlukan kamera pengawas untuk mengawasi jalannya kegiatan yang tidak sampai terpantau oleh pihak keamanan. Tak hanya itu, kamera pengawas juga memungkinkan  petugas keamanan mengawasi keadaan melalui monitor-monitor di masing-masing area berbeda dalam waktu yang bersamaan.

Mengawasi Kinerja Pegawai

Tak hanya mengawasi kegiatan orang yang hilir-mudik, kamera pengawasi juga dapat memantau kegiatan para pegawai selama bekerja. Bahkan kinerja pegawai bisa meningkat seiring dengan adanya CCTV yang mengawasi setiap kegiatan yang mereka kerjakan karena merasa sedang diawasi. Selain itu, seiring dengan adanya pengawasan melalui kamera, para pegawai juga tidak akan sembarangan bersantai maupun keluar masuk area kerja. Dengan demikian, atasan pun juga dapat memantau serta mengevaluasi kinerja mereka melalui rekaman yang dihasilkan kamera pengawas.

Menyediakan Bukti Jika Terjadi Kejahatan

Lewat bantuan CCTV, rekaman yang dihasilkan kamera pengawas tersebut bisa jadi alat bukti yang mendukung atau melawan, bilamana perusahaan ditempatkan dalam posisi sulit, misalnya dalam tindak kejahatan. Alat bukti tersebut berupa hasil rekaman kamera pengawas yang menunjukkan kegiatan yang berhubungan dengan alibi pelaku tindak kejahatan. Selain itu, hasil rekaman tersebut juga jadi bahan pertimbangan untuk petugas penegak hukum untuk memproses suatu laporan jika terjadi tindak kejahatan.

Melindungi Aset Perusahaan Dari Kerugian

Setiap perusahaan pasti memiliki aset penting, baik berupa fisik maupun non-fisik. Dengan adanya CCTV, aset penting tersebut bisa terlindungi dari kejadian yang tidak diinginkan. Misalnya saja barang antic yang sangat berharga yang membutuhkan perlindungan tingkat tinggi di museum. Tentu saja barang berharga tersebut harus dipasangi CCTV serta sistem keamanan yang canggih agar terhindar dari tindak pencurian atau orang-orang yang ingin mendekatinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *