5 Cara Mudah Menata Ruang Kantor Minimalis Agar Terlihat Lebih Longgar

Umumnya sebuah unit usaha yang berdiri atau perusahaan tak semuanya membutuhkan ruangan yang besar, apalagi untuk jenis bisnis yang bergerak di bidang jasa atau yang masih berkembang. Mereka terkadang mengandalkan sebuah rumah biasa yang selain digunakan sebagai tempat tinggal maka juga difungsikan sebagai tempat untuk mendapatkan uang. Atau beberapa perusahaan yang memang menyewa beberapa lantai dalam sebuah gedung namun dengan ukuran yang kecil, istilahnya adalah kantor minimalis.

Sama halnya seperti sebuah rumah, sekarang ini kantor dengan ukuran yang minimalis agaknya juga tengah menjadi trend di kalangan pebisnis, apalagi jika dilihat sekarang ini bahkan bukan hanya kantor langsung saja, banyak diantara unit usaha yang lebih senang menggunakan ruang kerja virtual atau secara online. Mereka tidak membutuhkan kantor secara langsung, jikapun memang membutuhkan maka tak terlalu besar karena hanya dikelola oleh beberapa orang saja, sedangkan sebagian diantaranya bekerja secara online.

Meskipun masuk dalam kategori kantor minimalis, namun ia tetap bisa terlihat lebih luas asalkan Anda pandai di dalam menatanya, berikut ini ada sedikit tips bagi Anda, diantaranya adalah:

Baca Juga: KONSEP KANTOR MINIMALIS MEMBERIKAN KENYAMANAN BAGI KARYAWAN DAN TAMU

  1. Perhatikan posisi dan penempatan meja kerja tersebut, satu hal yang memakan banyak tempat di dalam sebuah ruangan adalah dari meja kerja, semakin besar ukurannya maka akan semakin banyak space yang digunakan, namun tidak jika Anda benar dalam menempatkannya, maka tidak ada sisa space kecil yang terbuang percuma.
  2. Gunakan kursi dengan ukuran yang proporsional, selain dari segi meja, maka ukuran kursi juga turut mempengaruhi tampilan ruangan tersebut, pastikan ukurannya tidak terlalu besar dan proporsional dengan meja yang Anda tempatkan disana.
  3. Tempatkan lemari di ruangan khusus, selain meja maka lemari juga masuk salah satu perabotan yang memakan banyak ruangan, sebaiknya Anda menempatkannya di ruangan yang terpisah dari tempat kerja, sehingga tak membuat ruangan tersebut nampak jauh lebih sesak dibandingkan dengan sebelumnya.
  4. Jangan meletakkan kabinet di depan pintu, hal yang sering kali dilakukan adalah memposisikan sebuah kabinet di depan pintu pas, padahal sebenarnya hal ini hanya akan membuat ruangan tersebut menjadi semakin penuh. Atur pada bagian lainnya.
  5. Taruh alat tulis dalam sebuah kotak atau vas khusus, jangan biarkan berserakan di atas meja, ini akan membuat suasana ruangan tampak sangat penuh. Untuk itu lebih baik untuk menempatkannya dalam wadah khusus menjadi satu.
  6. Meletakkan tempat sampah sebaiknya di bagian kiri bawah meja, sehingga tidak terlihat memenuhi lantai.

Mudah bukan, tak peduli sekecil apapun ukuran ruangan kantor minimalis maka akan tampak lebih lega jika Anda mengaturnya secara tepat, sesuai dengan tips di atas.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *