5 Jenis Alat Kantor yang Paling Sering Dibutuhkan dan Fungsinya

5 Jenis Alat Kantor yang Paling Sering Dibutuhkan dan Fungsinya

Ada banyak sekali jenis alat kantor yang bisa kamu temui. Untuk memperlancar semua aktivitas di kantor, dibutuhkan beragam peralatan kantor yang lengkap. Setiap jenis alat yang dipakai untuk aktivitas kantor ini memiliki fungsinya masing-masing yang tentu saja tidak bisa digantikan satu sama lain.

5 Jenis Alat Kantor yang Paling Sering Dibutuhkan dan Fungsinya

Peralatan kantor akan terus berkembang jenisnya seiring dengan perkembangan jaman. Kemajuan teknologi juga ikut mempengaruhi semakin beragamnya jenis peralatan kantor yang bisa digunakan. Kondisi ini membuat manusia harus terus belajar untuk mengetahui setiap peralatan kantor dan fungsinya.

Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa tetap ada peralatan kantor utama yang harus selalu ada. Peralatan ini bisa disebut sebagai peralatan dasar yang memiliki fungsi utama dalam setiap aktivitas kantor.

5 Jenis Alat Kantor Utama

Berikut adalah 5 jenis alat kantor yang utama dan paling mudah ditemukan dalam setiap aktivitas kantor.

Kertas

Setiap aktivitas kantor tentu akan membutuhkan kertas. Kertas digunakan untuk keperluan pembuatan dokumen dan setiap kantor pasti harus melakukannya. Kebutuhan kertas untuk aktivitas kantor bisa mencapai angka yang begitu tinggi.

Alat Tulis

Alat tulis tentu saja akan dibutuhkan dalam aktivitas kantor. Ada banyak sekali jenis alat tulis mulai dari pensil, pulpen, spidol, penggaris, penghapus, stabilo, dan lain sebagainya. Peralatan tulis ini menjadi bagian penting dalam setiap aktivitas kantor.

Baca Juga : CARA MUDAH MERAWAT ALAT KANTOR AGAR MEMILIKI USIA YANG PANJANG

Kabinet

Kabinet atau lemari sangat penting dimiliki oleh sebuah kantor. Kabinet digunakan untuk menyimpan berbagai jenis dokumen. Seperti kita tahu bahwa kantor selalu memiliki banyak dokumen yang harus disimpan secara teratur dan rapi. Karena itulah dibutuhkan kabinet agar dokumen bisa tersusun rapi.

Map

Semua jenis dokumen kantor bisa disimpan rapi di dalam kabinet jika disimpan di dalam map terlebih dahulu. Map juga sangat berfungsi dalam berbagai macam aktivitas kantor seperti pengurusan dokumen misalnya. Map membantu mengelompokkan dokumen sesuai dengan kategorinya.

Stempel

Aktivitas kantor akan bisa berjalan lancar dengan adanya stempel. Stempel menjadi identitas bagi sebuah kantor. Semua aktivitas bisa dilakukan dengan persetujuan yang ditandai adanya cap stempel. Karena itulah stempel menjadi salah satu peralatan kantor utama yang harus ada di sebuah kantor.

Lima jenis alat ini hanyalah alat-alat dasar yang dibutuhkan di sebuah kantor. Sementara itu, masih ada lebih banyak lagi jenis alat yang akan digunakan untuk memperlancar aktivitas kantor. Variasi jenis peralatan yang digunakan bisa sangat banyak dan masing-masing memiliki fungsi yang spesifik.

Sebelum terjun ke dunia kerja, ada baiknya kamu mencari tahu tentang peralatan kantor yang mungkin akan kamu gunakan. Pelajari juga bagaimana fungsinya sehingga kamu bisa lancar melakukan pekerjaanmu tanpa kesulitan dengan memanfaatkan alat kantor yang ada secara tepat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *