5 Jenis Mesin Absensi Dari Waktu ke Waktu

5 Jenis Mesin Absensi Dari Waktu ke Waktu

Mesin absensi adalah salah satu perangkat multifungsi yang dibutuhkan banyak perusahaan karena berfungsi senagai pencatat tanggal dan waktu kehadiran karyawan. Dibutuhkan ketepatan dalam mereka waktu yang akurat sebab behubungan dengan perhitungan gaji karyawan. Maka tak heran jika mesin ini memiliki peran yang cukup krusial.

5 Jenis  Mesin Absensi Dari Waktu ke Waktu

Terdapat beberapa tipe mesin absensi yang sering ditemui, ada tipe yang bisa dicetak langsung denga menggunakan kartu, ada pula yang bisa dengan mengidentifikasi sidik jari. Dalam memilih produk mesin ini, dibutuhkan kehati-hatian karena terdapa banyak jenis dan kegunaan yang bebreda. Di bawah ini ada gambarai mengenai beberapa jenis mesin ini, mulai dari yang bersifat analog, biometrik, hingga berteknologi time track. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Mesin Absensi Analog

Mesin jenis ini adalah mesin yang dibuat pertama kali untuk digunakan sebagai absensi di kantor. Mesin absensi ini juga lebih dikenal dengan istilah mesin analog atau mesin ceklok. Mesin ini menggunakan kartu asben karyawan untuk identifikasinya. Waktu ketika karyawan memasukkan kartunya ke dalam slot mesin ini akan dicetak pada kartu absen. Kelebihan dari mesin jenis ini adalah harganya yang terbilang murah sehingga cocok digunakan perusaan berskala kecil dengan jumlah karyawan kurang dari 100 orang. Hanya saja, mesin ini sudah tidak relevan di era sekarang sudah banyak menggunaka mesin digital, sangat boros kertas dan kurang efisien karena karyawan perlu mengantri cukup lama untuk absen satu per satu.

Mesin Absensi Digital Berbasis PIN

Mesin absensi yang sudah ada sejak tahun 1870 ini menggunakan metode digital untuk mengabsen setiap karyawan. Pada umumnya, mesin ini mempunyai beberapa tombol dan layar digital yang menunjukkan waktu juga teks. Melalui tombol angka, karyawan bosa memasukkan password, barcode atau nomor PIN sebagai identias absensi. Jika dibanding dengan mesin analog, mesin ini lebih efisien karena prosesnya cukup singkat dan atas bisa mengontrol daftar hadir karyawan secara real time lewat komputer. Hanya saja mesin ini masih rawan terjadi pemalsuan yang memungkinkan karyawan bisa menitip absen.

Mesin Absensi Magnetic Card

Memasuki tahun 1980, ada mesin absensi Magentic Card yang hampir sama dengan mesin bebrasin PIN karena data absensi karyawan juga dikelola secara digital oleh komputer. Perbedaanya terdapat di penggunaanya, karena mesin ini menggunakan sistem magnetic card untuk melakukan absensi sehingga identitas karyawan mudah terdeteksi hanya denga menggesekkan kartu pada slot mesin. Tentu saja mesin ini lebih simpel dan menariknya dari segi harga mesin ini juga jauh lebih murah. Hanya saja, mesin ini juga masih rawan pemalsuan karena absensi bisa dilakukan dengan menitipkan kartu.

Mesin Absensi Biometrik (Fingerprint & Face ID)

Mesin absensi Biometrik hingga kini banyak digunakan di perusahaan ataupun di instansi pemerintahan. Dengan mengusung teknologi sensor biometrik, mesin ini hanya mengandalkan sidik jari, wajah dan retina karyawan dalam melakukan absensi. Dan menariknya lagi, mesin ini tidak rawan pemalsuan karena sensor dapat membedakan sidik jari, wajah dan retina setiap orang secara detail.  

Mesin Absensi + Akses Kontrol Pintu

Mesin absensi ini gebrakan baru dengan menggunakan teknologi yang hampir sama dengan mesin biometrik. Hanya saja mesini ini dilengkapi dengan fitur akses kontrol yang bisa mengetahui siapa sajakah yang bisa keluar ataupun masuk di dalam kantor Anda. Dengan fitur tersbeut, maka tingkat kemanan kantor Anda lebih terjamin.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *