5 Tips Ampuh Agar Spidol Whiteboard Bisa Awet Dalam Pemakaian

5 Tips Ampuh Agar Spidol Whiteboard Bisa Awet Dalam Pemakaian

Spidol whiteboard atau boardmarker adalah alat penting yang paling dibutuhkan oleh guru di sekolah dan lembaga pendidikan untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar. Biasanya alat tulis ini diisi ulang dengan menggunakan tinta isi ulang sebanyak 10-15 kali. Namun, tak jarang alat tulis ini tidak bertahan lama dan justru berakhir di tempat sampah padahal waktu pemakaiannya masih terbilang baru. Oleh karena itu, simak beberapa tips agar pemakaian boardmarker bisa lebih awet penggunaanya berikut ini.

5 Tips Ampuh Agar Spidol Whiteboard Bisa Awet Dalam Pemakaian

Gunakan tinta refill spidol yang sesuai dengan tipe

Pada umumnya, ada dua tipe spidol whiteboard yang beredar di pasaran, yakni tipe Solvent dan tipe Alkohol. Tipe solvent biasanya tintanya yang paling digunakan kebanyakan orang. Untuk menjaga kondisi alat tulis ini agar tetap baik, maka gunakan tinta refill yang memiliki tipe yang sama dengan boardmarker. Hal inilah yang dapat menyebabkan alat tulis ini tidak bisa lagi digunakan.

Gunakan isi ulang tinta spidol berkualitas

Mengisi ulang tinta boardmarker juga tidak boleh menggunakan tinta sembarangan. Sebaiknya Anda memilih tinta berkualitas tinggi. Biasanya tinta yang beredar di pasaran adalah kebanyakan adalah tinta impor yang harganya terbilang mahal. Sayangnya, kini sudah banyak beredar tinta isi ulang produksi rumahan yang memiliki formulasi kualitas rendah dan tidak sesuai standar sehingga mudah merusak boardmarker. Alhasil, boardmarker pun menjadi lebih mudah kering dan cepat rusak.  

Pasang kembali tutup spidol setelah di pakai

Kebiasaan buruk jika menggunakan boardmarker tidak menutup kembali setelah penggunaanya sehingga membuat tinta menjadi kering. Biasanya hal ini sering terjadi jika dipakai oleh murid untuk menulis di papan tulis putih. Untuk itu, latih kedisiplinan murid dengan menghimbau mereka untuk selalu menutup boardmarker setelah pemakaian.

Simpan di ruangan dan jauhkan dari sinar matahari

Boardmarker yang sering terpapar sinar matahari lebih rentan menjadi kering. Oleh karena itu, jika ingin usia alat tulis ini awet, maka jangan letakkan di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Selain itu, radiasi matahari yang sangat kuat juga berpengaruh pada tinta sehingga kualitas tulisan akan berkurang. Sebaiknya simpan alat tulis ini di dalam ruangan yang memiliki suhu normal.

Posisikan spidol dalam secara horizontal saat tidak di gunakan

Inilah bagian yang paling sering dilupakan oleh banyak orang. Padalah posisi penyimpanan juga sangat berpengaruh pada usia pakai boardmarker. Untuk itu, pastikan posisi alat tulis ini disimpan secara horizontal agar tinta selalu tersebar merata di dalam busa dan tidak menumpuk di salah satu ujungnya. Pasalnya, penumpukan tinta bisa menyebabkan ujung mata boardmarker jadi tersumbat dan malah menjadi kering sehingga tidak bisa digunakan secara optimal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *