5 Tips Dalam Memilih Perangkat Sistem Mesin Kasir

5 Tips Dalam Memilih Perangkat Sistem Mesin Kasir

Seiring dengan perkembangan teknologi, mesin kasir masa kini sudah menggunakan platform komputer. Sama halnya dengan komputer biasa, komputer kasir juga memiliki dua bagian yang sama-sama penting, yaitu hardware komputer kasir dan software program kasir. Beberapa perangkat yang umumnya ditemukan pada komputer kasih seperti CPU Kasir, LCD atau POS display, laci uang atau cash drawer, printer kasir dan customer display.

5 Tips Dalam Memilih Perangkat Sistem Mesin Kasir

Tak hanya itu saja, ada pula software kasih yang juga berperan penting dalam menentukan keakuratan dan kelengkapan dari fitur komputer kasir. Software tersebut bisa menganalisa apakah laporan yang dihasilkan oleh komputer sudah sesuai dan banyak fungsi lain yang bisa dilakukannya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan mengenai tips memilih perangkat mesin kasir di bawah ini.

CPU KASIR

Sama halnya dengan komputer pada umumnya, CPU pada mesin kasir juga memiliki fungsi yang sama pentingnya. Bahkan bisa diibaratkan sebagai otak dalam komputer kasir ini. Anda bisa menggunakan CPU komputer biasa untuk difungsikan sebagai komputer kasir. Hanya saja, satu hal yang perlu Anda ingat bahwa kemampuan CPU kasir umumnya hanya dirancang untuk penggunaan standar, bukan seperti toko besar yang beroperasi secara 24 jam non-stop. Namun, jika Anda terpaksa menggunakan komputer rakitan, pastikan Anda memilih spesifikasi terbaik. Pasalnya, di pasaran Anda akan banyak menemukan penjual komputer rakitan yang hanya memfokuskan perhatian pada harga murah saja.

LCD POS DISPLAY

Untuk layar atau LCD display, Anda bisa menggunakan jenis LCD dengan daya listrik dan radiasi yang rendah. Untuk alternatif murah namun kualitas cukup baik, pilih layar LCD komputer yang berukuran 15.6″. Di toko-toko elektronik sudah terdapat banyak merek yang tersedia seperti Phillips, Samsung, Fujitsu, LG, dan lainnya.

PRINTER KASIR

Perangkat ini juga sering disebut sebagai mini printer atau printer struk. Printer struk ini selalu harus berdampingan dengan mesin kasir mengingat fungsinya yang penting dalam mencetak bukti pembayaran. Maka tak heran jika perangkat ini banyak ditemukan dalam toko atau usaha retail. Berbeda dengan printer biasa, printer kasir ini memiliki kecepatan cetak yang relatif lebih tinggi sehingga akan mengurangi antrian pelanggan di kasir.

LACI UANG ATAU CASH DRAWER

Sesuai dengan namanya, perangkat itu berfungsi untuk menyimpan uang ketika terjadi transaksi pada mesin kasir. Perangkat ini bisa diprogram terbuka otomatis jika ada transaksi pembayaran. Dalam memilih cash drawer, sebaiknya pilih jenis laci yang terbuat dari bahan metal karena bahannya yang lebih kuat dari plastik. Selain itu, penjepit uang yang terbuat dari plastik juga mudah patah dan rusak, terlebih lagi jika pemakaian cash drawer oleh pegawai tidak dilakukan secara hati-hati.

CUSTOMER DISPLAY

Di banyak toko atau swalayan, kasir dan pembeli akan saling berhadapan, maka pembeli akan kesulitan melihat tampilan di layar display mesin kasir.  Beberapa pelanggan lebih menyukai jika mereka bisa melihat apa yang dikerjakan kasih sehingga mereka akan merasa yakin dilayani dengan harga dan jumlah yang benar. Dalam kasus seperti ini maka toko Anda membutuhkan layar yang menghadap ke pelanggan dan perangkat ini disebut dengan istilah customer display.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *