membaca buku

6 Manfaat Membaca Buku yang Bisa Anda Peroleh

Kapankah terakhir kali kamu membaca buku? Apakah membaca buku merupakan bagian dari rutinitas sehari-harimu? Atau kamu lebih tertarik membaca update di facebook, tweeter dan media sosial lainnya? Seiring dengan perkembangan zaman digital dan internet buku sudah menjadi barang yang sering diabaikan begitu saja, padahal ada banyak sekali manfaat yang didapat dari membaca buku, berikut adalah info tentang 6 manfaat membaca buku:

Stimulasi mental

Penelitian menunjukkan bahwa stimulasi mental dapat menghambat progress penyakit Alzheimer ataupun demensia alias pikun, selagi kamu menjaga otakmu aktif dan terlibat dengan berbagai aktivitas maka akan mencegah kehilangan power dari otak. Sama halnya dengan bagian otot lainnya dalam tubuh, otak juga membutuhkan latihan untuk menjaganya sehat dan kuat.

Mengurangi stress

Tidak peduli seberapa stress yang kamu rasakan saat bekerja ataupun dalam hubungan personal maupun permasalahan hidup lainnya, hal tersebut akan menghilang sejenak akibat cerita menarik yang kamu baca. Sebuah novel yang ditulis dengan baik bisa memindahkan mu ke dimensi lain, saat kamu membaca sebuah artikel maka kamu akan teralihkan dari hal yang terjadi saat itu dalam hidupmu dan membuatmu menjadi lebih rileks.

Menambah pengetahuan

Tentu saja membaca buku akan menambah pengetahuan seseorang, karena segala sesuatu yang kamu baca akan mengisi otakmu dengan menjadi potongan kecil informasi, dan kamu tidak akan tahu kapan informasi tersebut akan bermanfaat. Semakin banyak ilmu yang kamu miliki maka akan semakin mudah kamu menghadapi tantangan kehidupan.

Meningkatkan kosa kata

Sama halnya dengan menambah pengetahuan, semakin banyak yang kamu baca maka tidak bisa dielakkan bahwa kata-kata yang berasal dari bacaan tersebut akan muncul dalam kosa kata sehari-harimu. Dengan begitu kamu akan semakin mahir dalam berbicara dan merupakan salah satu skill yang dibutuhkan dalam mencari pekerjaan, disamping itu kamu juga memiliki pengetahuan tentang berbagai macam topik berkat bacaan yang kamu baca.

Meningkatkan daya ingat atau memori.

Manfaat membaca buku lainnya adalah meningkatkan daya ingat, saat kamu membaca buku maka kamu akan mengingat beberapa karakter, latar belakang, ambisi serta sejarah dan nuansa yang terkandung dalam bacaan tersebut. Hal yang menarik tentang otak adalah setiap memori baru yang kamu ciptakan akan menimpa sebuah synopsis baru ( jalur otak baru) dan memperkuat memori yang lama, hal ini akan membantu meningkatkan memori jangka pendek.

Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Saat kamu membaca buku, semua konsentrasimu terarah pada satu cerita atau satu bacaan, sementara hal lainnya akan luput dari fokusmu, sehingga kamu bisa menyerap apapun dari buku setiap detail-detail penting dari bacaan tersebut. Dengan begitu kamu akan terlatih untuk fokus dan konsentrasi dalam melakukan segala sesuatu.

Demikianlah info mengenai 6 manfaat membaca buku, semoga setelah ini kamu akan lebih sering membaca buku dibanding membaca update an media sosial.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *