6 Peralatan Kantor yang Paling Banyak Digunakan

6 Peralatan Kantor yang Paling Banyak Digunakan

Jika berbicara tentang jenis alat kantor, terdapat ragam jenis peralatan yang bisa ditemui guna memperlancar semua aktivitas selama bekerja. Setiap peralatan kantor yang digunakan untuk aktivitas kantor ini memiliki fungsi yang berbeda-beda yang pastinya tidak bisa digantikan satu sama lain. Berikut ini ada beberapa contoh alat kantor yang paling bayak digunakan oleh perusahaan atau kantor-kantor besar.

6 Peralatan Kantor yang Paling Banyak Digunakan

Meja Kantor

Tidak semua meja dapat dijadikan sebagai peralatan kantor. Idealnya meja kantor adalah meja kantor yang mulai dari permukaan sampai dengan lantai memiliki desain tidak tertutup seluruhnya. Bagian bawah meja harus memiliki kaki yang cukup terbuka untuk peredaran udara. Selain itu, permukaan meja juga tidak boleh berkilat-kilat agar tidak menyilaukan dan malah mengganggu konsentrasi pegawai selama bekerja. Sedangkan untuk luas, ada baiknya jika ukuran meja kantor tidak terlalu berlebih karena biasanya meja yang terlalu luas justru digunakan untuk fungsi lain.

Komputer

Seiring dengan kemajuan zaman, peralatan kantor kini mengalami perkembangan pesat sehingga banyak ditemukan teknologi canggih yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan. Salah satunya seperti komputer. Perlaatn elektornik ini tidak hanya memiliki kemampuan dalam mengolah kata dan data seperti pengetikan, perhitungan, membuat grafik, table, gambar serta desain namun juga berguna dalam fungsi pengarsipan. Hal ini tentu saja akan mengamankan berbagai dokumen penting di kantor. Dengan adanya komputer maka penghematan dan pengefisienan berbagai aktivitas perkantoran bisa dilakukan.

Printer

Printer adalah perangkat eletronik yang bisa mencetak setiap data yang berasal dari komputer, misalnya teks, gambar ataupun foto. Sebelum menggunakan printer, tentu saja Anda harus menyediakan kertas agar proses pencetakan otomatis bekerja. Di setiap kantor, setidaknya harus memiliki satu unit printer untuk mendukung pekerjaan cetak mencetak selama bekerja. Berbagai macam dokumen perlu dicetak, misalnya proposal, selebaran, nota dan dokumen lainnya.

Mesin Absensi

Mesin absensi adalah peralatan kantor yang digunakan untuk mengetahui kehadiran karyawan. Mesin absensi ini sudah banyak digunakan oleh kantor, perusahaan, dan institusi pendidikan. Selain digunakan untuk mengetahui kehadiran karyawan, mesin absensi ini juga menyimpan data kehadiran karyawan secara akurat dan otomatis. 

Mesin fax

Meski kehadiran e-mail atau surat elektronik sudah banyak digunakan, namun ada beberapa dokumen yang masih memerlukan mesin fax. Perangkat ini umumnya digunakan untuk mengirim surat berharga secara cepat. Selain surat berharga, mesin fax juga bisa mengirim dokumen keuangan, telegram, foto identitas dan lainnya. Mesin fax ini hampir sama fungsinya dengan mesin fotokopi yang hasil salinannya bisa berada di tempat lain atau bahkan di kota lain sehingga mesin ini juga disebut telecopier (fotokopi jarak jauh).

Kabinet

Kabinet atau lemari arsip adalah peralatan kantor yang penting untuk dimiliki. Fungsi kabinet sendiri digunakan untuk menyimpan berbagai jenis dokumen dan surat, mengingat setiap kantor pasti memiliki banyak dokumen yang harus tersimpan secara rapid an teratur. Dengan adanya kabinet, maka dokumen yang tersimpan rapi mudah ditemukan saat ingin digunakan lagi nantinya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *