7 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Proyektor Kantor Portabel

7 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Proyektor Kantor Portabel

Salah satu alat yang wajib ada pada sebuah kantor adalah proyektor. Para pebisnis biasa memanfaatkannya untuk keperluan presentasi. Selain ukurannya yang mini sehingga mudah dibawa proyektor masa kini mudah dioperasikan cukup dengan menghubungkannya ke laptop, tablet, atau bahkan smartphone. Bagi Anda yang hendak membeli proyektor kantor portabel, sebaiknya perhatikan 7 hal berikut:

7 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Proyektor Kantor Portabel

 

  • Ukuran dan berat

 

Pilihlah proyektor kantor portabel yang memiliki keseimbangan antara penampilan dan bobot dengan kinerjanya. Sebagai panduan, pilihlah berat maksimalnya 1 kg. Jika memungkinkan berat sekitar 500 gram akan lebih ideal dengan portabilitas yang lebih tinggi pula.

 

  • Kecerahan

 

Satuan tingkat kecerahan umumnya dinyatakan dalam lumen (lm). Semakin tinggi angka lumennya, akan semakin terang pula cahaya yang dihasilkan. Cahaya yang terang akan menampilkan gambar yang semakin jelas, bahkan dari jarak jauh sekalipun. Pada umumnya, untuk ruangan pertemuan dengan kapasitas sekitar 5 orang, dibutuhkan kecerahan sebesar kurang lebih 500 lumen. Sementara untuk ruangan dengan kapasita kurleb 10 orang, maka dibutuhkan kecerahan sebesar 3000 lumen.

 

  • Resolusi dan rasio kontras

 

Resolusi gambar biasa dinyatakan dalam satuan piksel. Semakin besar nilai pikselnya, maka gambar yang dihasilkan akan semakin detail. Selain itu Resolusi gambar juga bisa dinyatakan dalam SVGA atau XGA. Sebagai patokan, pilih proyektor dengan resolusi lebih dari 854 x 480 piksel.

Rasio kontras berfungsi menunjukkan perbedaan warna yang ditampilkan pada layar paling terang dan yang paling gelap. Ketajaman warna yang ditampilkan akan semakin jelas jika rasionya semakin besar. Rasio kontras yang disarankan ialah sebesar 1000:1 atau lebih.

 

  • Ukuran layar dan jarak proyeksi

 

Jarak proyeksi merupakan nilai yang menunjukkan seberapa jauh jarak yang Anda butuhkan untuk mendapatkan ukuran tertentu pada tampilan layar. Pastikan jarak proyeksi yang dibutuhkan pada suatu proyektor dengan ukuran ruangan di mana Anda akan menggunakannya.

 

  • Koneksi input dan output

 

Proyektor portabel juga bisa dihubungkan ke smartphone atau tablet Anda dengan kabel HDMI. Meskipun penggunaannya membutuhkan bantuan adaptor output yang bisa Anda pasang di sisi terminal. Tetapi ada pula pilihan proyektor yang bisa disambungkan ke PC atau perangkat lainnya menggunakan Wi-Fi.

 

  • Jenis baterai

 

Proyektor kantor portabel yang tersedia saat ini sudah dilengkapi baterai di dalamnya. Baterai tersebut bahkan juga dapat difungsikan sebagai power bank berkapasitas besar sehingga bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone.

 

  • Fitur tambahan

 

Saat ini performa proyektor telah didukung beberapa fitur tambahan. Fitur tambahannya berupa hemat energi karena penggunaan lampu LED. Bahkan, lampu tersebut sudah disematkan mode senyap serta fitur lain yang akan memudahkan Anda. Jadi, sebaiknya Anda memilih fitur tambahan yang memang dirasa paling bermanfaat saat Anda mengoperasikan proyektor tersebut.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *