7 Tips Mendesain ID Card Anda Untuk Bisnis

7 Tips Mendesain ID Card Anda Untuk Bisnis

ID card atau kartu nama menjadi elemen yang harus dimiliki seorang pengusaha. Anda bisa mengenalkan diri sekaligus bisnis yang tengah dijalankan kepada orang lain dengan kartu nama. Besarnya fungsi kartu nama pada dunia bisnis, maka sebaiknya saat membuatnya Anda memperhatikan beberapa poin penting. Berikut disajikan tips-tips untuk mendesain kartu nama yang baik.

7 Tips Mendesain ID Card Anda Untuk Bisnis

Isi Kartu Nama

Isi kartu nama yang baik yaitu singkat dan hanya memuat hal-hal penting saja. Meliputi nama diri dan perusahaan, kontak, dan pelayanan bisnis Anda. Kontak bisa berupa nomor telepon, website, e-mail, atau yang lainnya. ID card Anda akan terlihat lebih profesional dengan isi yang padat dan lengkap.

Bahan Kertas

Terdapat 6 jenis kertas yang bisa Anda pilih sebagai bahan kartu nama, yaitu art paper, BW, mohawk option, linen jepang, serta linen holland. Bahan kertas yang direkomendasikan adalah mohawk option. Karena hasil cetakannya lebih bagus dan dapat dicetak pada kedua sisinya.

Logo Perusahaan

Logo dapat meringkas dan membuat tampilan nama brand atau perusahaan Anda lebih menarik. Rancanglah logo dengan bentuk yang unik, menarik, namun tetap sederhana. Ukuran logo yang dimuat dalam kartu nama sebaiknya tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Pemakaian logo juga penting untuk perusahaan yang berskala besar. Jadi pastikan untuk menambahkan logo pada kartu nama Anda.

Pemilihan Font

Pilih font/jenis huruf dasar yang simpel seperti serif. Hindari font dengan bentuk yang rumit karena akan sulit untuk dibaca. Agar terlihat jelas saat dibaca sesuaikan warna tulisannya. Daripada warna cerah disarankan untuk memakai warna gelap seperti hitam.

Warna Dasar Kertas Kartu Nama

Selain warna font, tips membuat kartu nama yang baik adalah memilih warna dasar kertas itu sendiri. Pilihlah warna dasar kertas dengan warna netral misalnya putih, abu-abu atau hitam. Warna-warna juga masih bisa dikombinasikan dengan warna lain jika anda ingin menambahkan hiasan atau logo. Warna ini juga akan menambah kesan elegan pada desain kartu nama Anda.

Desain Embos

Gunakan desain embos atau desain timbul pada ID card Anda. Tetapi jika Anda memutuskan untuk memakai desain ini jangan menambahkan hiasan lain. Cukup terapkan desain embos dengan  warna putih atau gold. Tips ini bisa mempercantik kartu nama tanpa menghilangkan kesan profesional.

Tambahan Kode QR

Tambahkan Kode QR untuk memudahkan klien atau konsumen saat mengakses kontak. Misalnya direct ke BBM, Twitter, website, dan lain sebagainya. Penggunaan kode ini hanya opsi lain yang tidak wajib Anda cantumkan pada kartu nama. Namun saat ini banyak perusahaan besar dan bonafit yang juga mencantumkan kode QR pada ID cardnya. Jika Anda tertarik untuk menambah kode batang, sebaiknya letakkan di bagian escape agar tidak tertumpuk dengan informasi lainnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *