9 Tips Menciptakan Suasana Kantor Semakin Nyaman untuk Meningkatkan Produktivitas

9 Tips Menciptakan Suasana Kantor Semakin Nyaman untuk Meningkatkan Produktivitas

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh sebuah perusahaan ialah menata ruang kerja agar kondusif dan nyaman. Sebab, hal tersebut berpengaruh pada kinerja dan produktivitas karyawan yang menempati ruang tersebut. Jika ruang kerja terasa tak nyaman bagi karyawan maka mereka bisa kurang fokus lalu tidak tepat mengerjakan tugas dan akhirnya perusahaan yang rugi. Oleh karena itu, simak tips membuat suasana kantor semakin nyaman berikut.

9 Tips Menciptakan Suasana Kantor Semakin Nyaman untuk Meningkatkan Produktivitas

Ciptakan ruangan kerja yang bersih dan rapi

Selain bersih, ruang kerja juga harus tertata rapi agar karyawan bisa merasakan suasana kerja yang nyaman. Selain itu, ruang yang rapi juga akan memudahkan karyawan saat mencari sesuatu seperti berkas-berkas. Sehingga Tak perlu membuang waktu karena kesulitan mencarinya di bawah tumpukan kertas lain atau tercampur berkas karyawan lainnya.

Pilih warna-warna cerah untuk ruangan kerja

Karyawan akan mudah merasa jenuh dan lelah jika warna ruang kerjanya membosankan. Anda bisa merubah suasana monoton agar lebih hidup dengan menggunakan warna-warna cerah di beberapa bagian. Hal ini juga akan memudahkan munculnya Ide kreatif.

Mood board yang menginspirasi

Inspirasi bisa diperoleh dimana saja. Anda juga bisa membangun inspirasi di ruang kerja dengan menempatkan mood board di atas meja. Anda bisa memanfaatkannya untuk memajang bingkai foto, menempel to-do-list, menggantung peralatan kerja, maupun menempel quote inspirasi.

Satu set meja kerja yang nyaman

Saat memilih meja kantor dan kursinya, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Seperti kesesuaian ukuran dan bentuknya dengan postur tubuh dan luas ruang ruangan kerja. Kriteria ideal kursi kantor ialah harus memiliki sandaran. Untuk tinggi mejanya harus menyesuaikan dengan tinggi kursi kerja tersebut.

Tata ruangan dengan perabotan yang cantik

Suasana kerja juga bisa dipercantik dengan memilih perabotan yang baik. Ruangan yang nampak cantik tentu akan meningkatkan minat karyawan berlama-lama di kantor. kesan yang tidak membosankan juga bisa diperoleh dengan meletakkan perabotan-perabotan yang unik.

Sediakan tanaman di ruangan kerja

Suasana segar dan teduh bisa dibangun dalam ruang kerja dengan menempatkan sebuah tanaman. Mata yang harus menatap komputer dalam waktu lama sehingga terasa lelah akan segar kembali saat melihat tanaman tersebut. Ukuran tanaman tidak harus besar, diletakkan dalam pot-pot kecil juga cukup.

Jam Dinding Agar Tepat Waktu

Ruang kerja yang terlalu nyaman dan asyik juga bisa membuat lupa waktu. Adanya jam dinding yang terpasang rapi bukan berarti mengharuskan Anda berlomba dengan waktu. Sebaliknya, Jam dinding dekoratif justru mengajak Anda senantiasa untuk berkolaborasi dengan waktu

Sediakan ruangan untuk istirahat karyawan

Karyawan juga perlu dibuatkan sebuah ruangan untuk berelaksasi sejenak. Dimana mereka dapat melepas penat dengan beristirahat sebentar. Sehingga, otak mereka tidak terlalu letih saat kembali bekerja secara optimal.

Bangun suasana hangat di antara para karyawan

Keakraban sesama karyawan juga akan memunculkan perasaan nyaman ketika berada di kantor. Kemudahan berkomunikasi antar karyawan juga membuat pekerjaan-pekerjaan dapat lebih cepat dikerjakan. Pastikan tidak ada situasi di mana terdapat perasaan lebih superior dibandingkan karyawan lainnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *