Agar Kantor Minimalis Terasa Nyaman, Ini Dia Tips-tipsnya untuk Anda!

Desain minimalis memang akhir-akhir ini menjadi primadona di kalangan masyarakat modern, terutama yang tinggal di wilayah perkotaan yang notabene tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk membuat rumah yang besar. Tak hanya diadopsi ke desain rumah saja, gaya minimalis juga diterapkan pada developer perkantoran dimana negara Jepang sudah lebih dahulu menerapkan gaya minimalis pada bangunan kantor mereka. Namun tenang saja, minimalis bukan berarti tidak leluasa untuk melakukan pekerjaan kantor sehari-hari, dengan desain kantor minimalis justru membuat Anda lebih mudah menata dan menemukan barang-barang.

Memiliki kantor yang luas memang jadi idaman siapa saja, namun dengan menata sebaik-baiknya kantor dengan desain minimalis Anda, suasana kerja yang nyaman bukan lagi sekedar angan-angan. Ini dia tips-tipsnya:

  • Pemilihan perabot atau furniture.

Tak hanya pada bangunan saja, konsep atau desain minimalis juga diadaptasikan pada perabotan rumah tangga maupun kantor. Karena kantor Anda merupakan kantor yang minimalis, maka perabotan atau furniture yang dipilih juga harus yang berdesain minimalis. Tidak perlu terlalu banyak aksesoris yang tidak perlu. Bila perlu pilihlah perabotan yang multiguna, misalkan meja kantor dengan 2 atau 3 laci di sebelah kirinya. Pertimbangkan pula untuk memilih rak terbuka dibandingkan dengan lemari yang tertutup sehingga memudahkan Anda mencari berkas yang diinginkan. Usahakan memilih perabot atau furniture yang berwarna cerah agar cahaya dapat terserap ke dalam ruangan secara maksimal.

  • Penataan.

Letakkan meja kantor dari arah masuknya sinar matahari, jangan membelakangi jendela. Hal ini bertujuan agar ruangan kantor minimalis Anda terlihat lebih terang, bahkan dengan menghadap ke arah cahaya matahari dipercaya dapat membangkitkan energi dan semangat selama bekerja. Namun jika terpaksa harus duduk membelakangi jendela maka tempatkanlah sebuah cermin kecil untuk memantulkan cahaya ke dalam ruangan.

  • Pemilihan hiasan kantor.

Hiasan memang diperlukan untuk memperindah ruangan. Tanpa adanya hiasan maka ruangan terasa kurang hidup. Bagi kantor yang didominasi oleh orang-orang rentang usia 20 hingga 30 tahunan memang seolah wajib menempatkan hiasan di dalam ruangan untuk membangkitkan suasana kerja. Tanaman perdu hias di dekat jendela, lukisan tanpa bingkai dan coretan mural berwarna cerah pada dinding kantor cocok untuk kantor dengan desain yang minimalis.

Selain itu, jika Anda memiliki kantor yang minimalis, Anda harus memperhatikan penataan berkas-berkas Anda sendiri. Sebab penataan berkas yang kurang baik akan membuat ruangan Anda terasa sumpek. Tempatkan berkas-berkas Anda pada box file atau langsung pada laci dibandingkan meletakkannya di atas meja. Desain kantor minimalis akan tetap terasa menyenangkan jika pemilihan dan penataan barang-barang di dalamnya tepat. Selain itu, memasang jendela besar pada kantor akan membuat pencahayaan semakin sempurna.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *