Agar Kerja Nyaman, Ayo Mulai Membersihkan Kantor

Agar Kerja Nyaman, Ayo Mulai Membersihkan Kantor

Membersihkan kantor merupakan hal yang wajib dilakukan jika kamu ingin kinerjamu bagus dan tetap terjada. Jangan sampai hal-hal seperti kesulitan menemukan handphone dan kunci motor atau mobil karena meja kerja yang berantakan hingga bersin-bersin terlalu sering ketika bekerja.

Selain manambah beban, itu semua juga akan menurunkan produktivitasmu dalam bekerja. Untuk mencegah hal itu, kamu harus membersihkan kantor sendiri, paling tidak untuk daerah jangkauanmu dalam duduk di kursi kerjamu. Berikut urutan yang dilakukan ketika kamu membersihkan kantor agar waktu yang diperlukan lebih efisien.

Merapikan Barang

Sebelum merapikan bagian lain, hal pertama yang kamu lakukan adalah mengumpulkan berbagai barang, benda atau kertas yang berserakan di meja maupun lantai kantor. Pilih mana yang harus ditetap disimpan dan mana yang harus dibuang. Letakkan arsip yang masih akan digunakan pada rak atau tempat untuk menyimpannya. Jangan lupa memberinya label atau disesuaikan dengan kelompoknya agar lebih mudah ditemukan jika dibutuhkan nanti.

Baca Juga : CARA CERDAS MEMILIH KOMPUTER KANTOR SEBAGAI MODAL BISNIS

Membersihkan Peralatan Elektronik

Langkah berikutnya adalah membersihkan perangkat elektronik di kantormu. Bagian ini penting untuk dilakukan bagi kalian yang suka ngemil saat bekerja. Makanan yang meyiprat ke monitor maupun keyboard harus diberishkan secara berkala agar tidak menurunkan performanya. Gunakan kain yang lembut untuk membersihkan layar komputer dan akan lebih baik jika menggunakan cairan pembersih monitor juga. Sedangkan untuk bagian keyboard, kamu bisa menggunakan kapas, kuas khusus, atau kapas untuk membersihkannya. Ingat, urutannya dari monitor dulu, baru ke keyboard. Jangan sampai terbalik ya.

Membersihkan Meja

Setelah kedua langkah tersebut dilakukan, langkah berikutnya adalah membersihkan meja kerja. Ada banyak benda yang biasa diletakkan di meja sebagai penambah semangat, misalnya foto orang-orang terkasih, aksesoris kesukaan, terrarium, atau aquarium. Jika mejamu dalam kondisi berantakan bercampur bekas makanan, tentu saja semua benda kesayanganmu itu tak akan nampak jelas. Oleh karenanya, membersihkan dan merapikan meja harus lebih sering dilakukan. Pastikan kotoran dan benda-benda yang sudah tak digunakan dijatuhkan ke lantai atau langsung dimasukkan tempat sampah. Kamu bisa menggunakan kemoceng dalam hal ini, atau bahkan tisu basah jika diperlukan. Pemakaian cairan dan kain lap juga bisa.

Bersihkan Tempat Sampah dan Lantai

Langkah terakhir adalah memberishkan sampah dan kemudian menyabu atau pel lantai. Ini harus dilakukan paling akhir karena jika tidak maka akan terkena kotoran dari meja atau peralatan elektronik yang dibersihkan setelahnya. Jadi, pastikan membuang sampah dan membersihkan lantai adalah hal terakhir dilakukan dalam kegiatan membersihkan kantor. Jangan lupa, sapu dan pel pula bagian di bawah meja meski jarang terlihat. Meski jarang terlihat, lokasi itu juga menjadi sarang bagi debu-debu halus yang bisa mengganggu saluran pernapasan jika tertiup angin.

Setelah membersihkan kantor kalian, pastinya kinerja semakin lebih semangat karena pandangan fresh dan juga suasana yang lebih nyaman lagi.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *