Alat Kantor Jenis Absensi Finger Print dan Keunggulannya

Presensi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi gaji dari seorang karyawan. Jika karyawan atau pegawai tersebut tidak pernah masuk atau sering bolos, maka gaji akan lebih rendah dan benefit yang diberikan kantor juga tidak akan maksimal. Agar lebih mudah untuk melakukan presensi, maka saat ini ada alat kantor yaitu mesin absensi yang lebih modern dan umumnya adalah mesin presensi dengan menggunakan sidik jari.

Terdapat beragam jenis mesin absensi. Pertama adalah mesin magnetic card. Untuk bisa menggunakan jenis mesin absensi ini maka dibutuhkan kartu pengenal atau sejenis kartu dengan magnetic area dan kemudian kartu tersebut digesekkan di tempat yang sudah ditentukan. Mesin absensi ini memiliki harga yang terjangkau dan lebih murah jika dibandingkan dengan mesin absensi lainnya akan tetapi, kekurangannya adalah rentan disalahgunakan misalnya kartu presensi tersebut dititipkan ke teman agar bisa digesekkan dan Anda bisa melakukan presensi tanpa harus datang ke kantor.

Kedua adalah mesin absensi fingerprint. Alat kantor untuk absensi ini menggunakan sidik jari sebagai penanda untuk melakukan presensi. Keunggulannya jika menggunakan mesin ini adalah hasilnya lebih akurat, cepat dan lebih praktis. Akan tetapi, kekurangannya adalah jika sidik jari basah, berkeringat atau kotor bisa menyebabkan hasil yang error sehingga presensi yang Anda lakukan tidak berhasil.

Keunggulan lainnya dari mesin absensi finger print adalah:

  • Bagi HRD, akan lebih cepat melakukan absensi karyawan terutama jika bekerja di suatu perusahaan yang cukup besar dengan ribuan karyawan.
  • Bisa membantu perusahaan untuk mencegah terjadinya kecurangan presensi.
  • Perusahaan bisa mengetahui kinerja dari para karyawan apakah datang tepat waktu atau tidak serta mengetahui tingkat kedisiplinan dari para pegawainya.
  • Mempermudah bagian HRD untuk bisa melakukan kalkulasi upah buruh harian serta pegawai yang lainnya.
  • Bisa dihubungkan ke pintu otomatis untuk mengontrol akses pintu.

Jenis alat kantor untuk presensi yang lainnya selain finger print dan magnetic card adalah:

  • Mesin absensi yang berbasis web. Cara pengaksesannya adalah dengan menggunakan komputer karyawan masing-masing dan memasukkan ID serta password ataupun nomor induk karyawan.
  • Mesin absensi biometric yang menggunakan AI untuk bisa mendeteksi wajah dari pegawai yang sudah terdaftar di sistem sebelumnya. Mesin ini memiliki hasil yang lebih akurat dan bisa menyimpan data hingga mencapai ribuan akan tetapi mesin ini memiliki harga yang cukup mahal dan kadang bisa terjadi error autentifikasi pegawai.
  • Mesin absensi digital. Mesin absensi ini mempergunakan tombol angka dan huruf. Karena hal tersebut maka karyawan atau setiap orang yang bekerja di perusahaan tersebut harus memiliki kata sandi yang harus sudah didaftarkan di sistem terlebih dahulu sebelum dipergunakan.

Jadi, Anda bisa memilih mesin absensi manakah yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk kantor Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *