Alat Kantor Yang Membuat Pekerjaan Menjadi Lebih Mudah Menyenangkan

Kantor adalah bangunan yang digunakan untuk melakukan pekerjaan para pegawai/ karyawannya. Tentu saja perkantoran berhubungan dengan sarana yang digunakan untuk menunjang aktivitas pekerjaan agar lebih efektif dan cepat selsai. Ada banyak jenis alat kantor, lebih jelasnya simak pembahasannya berikut ini.

Fungsi Perlengkapan Kantor

Peralatan kantor menjadi salah satu hal yang penting yang dapat menunjang pekerjaan, tanpa didukung peralatan yang memadai, pekerjaan menjadi kurang efektif dan bisa terhambat. Tentu saja hal tersebut harus dihindari agar tujuan perusahaan dapat tercapai dan pekerjaan masing-masing pegawai dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Jenis-Jenis Perlengkapan Kantor

Yang dimaksud dengan perlengkapan kantor adalah alat atau bahan yang digunakan untuk menunjang pelaksanaan pekerjaan sehingga suatu perkerjaan dapat selesai dengan waktu cepat, lebih baik dan tepat. Berdasarkan bentuknya perlengkapan kantor bisa dibedakan menjadi 3, yaitu:

  • Perlengkapan berbentuk lembaran, seperti: kertas HVS, folio bergaris, karbon, amplop dsb.
  • Perlengkapan berbentuk non lembaran, seperti: cutter, gunting, penggaris, pembuka surat dsb.
  • Perlengkapan berbentuk buku, seperti: buku pedoman kerja, buku catatan, buku tamu, buku agenda dsb.

Peralatan kantor berdasarkan penggunaannya dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Barang habis pakai yaitu benda yang hanya digunakan satu atau beberapa kali pakai. Sifatnya tidak tahan lama, seperti: tinta, karbon, pensil dsb.
  • Barang tidak habis pakai yaitu benda atau barang yang penggunaannya tidak tahan lama, seperti: cutter, gunting, stapler dsb.

    Baca Juga: MANFAAT DAN JENIS-JENIS ALAT KANTOR

Alat kantor ada juga yang bentuknya mesin. Setiap mesin memiliki fungsi yang beragam, seperti: mencatat, menolah bahan. Peralatan ini ada yang sistem kerjanya secara mekanik, magnetic dan elektrik. Contohnya: mesin tik, komputer, printer, mesin fotocopy dsb.

Perlengkapan Komunikasi Dan Interior Kantor

Selain itu, agar kegiatan komunikasi berjalan lancar dan efektif. Baik untuk lingkungan kantor maupun di luar kantor, maka dibutuhkan fasilitas alat komunikasi seperti: telepon, facsimile dsb.

Agar pekerjaan selesai dengan cepat dan tepat, kantor perlu dilengkapi fasilitas perabotan. Biasanya perabotan kantor terbuat dari bahan kayu atau besi. Contohnya: kursi meja untuk para karyawan, kursi meja untuk tamu, rak buku, lemari, whiteboard atau papan tulis dsb.

Agar suasana lebih menyenangkan dan tidak terlihat kaku, ruangan kantor bisa dibuat lebih nyaman dengan menambahkan interior kantor misalnya: hiasan dinding, tanaman hias untuk di dalam ruangan, struktur organisasi, foto karyawan, vas bunga, jam dinding dsb. Selain itu, penting menyusun tata letak interior dengan posisi dan letak yang nyaman.

Demikian pembahasan singkat mengenai alat kantor yang membantu menyelesaikan pekerjaan dan membuat kerja menjadi lebih menyenangkan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *