Alat Komunikasi Kantor Ternyata Mempunyai Banyak Manfaat Ini!

Alat Komunikasi Kantor Ternyata Mempunyai Banyak Manfaat Ini!

Saat di perkantoran yang memiliki banyak karyawan dan divisinya pasti kerap menemukan telepon yang biasanya dipergunakan sebagai alat komunikasi kantor dengan lebih mudah tanpa harus berteriak-teriak.. Untuk menghubungkan telepon yang satu dengan yang lainnya, maka diperlukan perangkat yang disebut dengan PABX. Private automatic branch exchange adalah perangkat penyambung telepon untuk di perkantoran yang bisa dipergunakan untuk menghubungkan pelanggan dengan pihak perusahaan misalnya CS.

Alat Komunikasi Kantor Ternyata Mempunyai Banyak Manfaat Ini! 

PABX sendiri memiliki fungsi untuk pembagi atau sebagai pengatur dari bagian internal atau extension to extension dengan bagian external atau out going dan income. Perangkat ini memiliki ukuran, kapasitas serta fitur yang berbeda satu dengan yang lainnya yang memiliki kekurangan dan kelebihan serta saat ini sudah ada IP PBX yang mempergunakan teknologi internet protocol atau IP. Tidak hanya untuk telepon, PABX juga bisa diprogram untuk bisa diarahkan atau disambungkan ke mesin fax misalnya ke beberapa nomor tujuan fax.

PABX ada juga yang dapat digunakan untuk sistem komputer. PABX ini bisa dipergunakan untuk melacak setiap adanya telepon baik yang masuk ataupun telepon yang keluar lewat alat komunikasi kantor yang terpasang. Manfaat lainnya dari PABX adalah: 

  • Bisa digunakan untuk mengetahui pengguna dari telepon karyawan yang digunakan tidak dengan semestinya, misalnya menelepon dalam waktu yang cukup lama untuk menelepon pacar.
  • Auto attendant yang bisa mengarahkan penelepon masuk secara otomatis ke nomor tertentu sehingga cocok dipergunakan di kantor yang berskala besar karena sering mendapatkan telepon masuk.
  • Conference call sehingga bisa dijadikan solusi untuk meeting dadakan.

Sedangkan beberapa jenis PABX yang bisa dipergunakan adalah Pertama adalah PABX analog. Jenis ini sendiri (PABX) menggunakan output analog dan juga sinyal analog. Dikarenakan jenis alat ini menggunakan sinyal analog, mengakibatkan device yang dipergunakan tidak perlu menggunakan jenis telepon yang khusus. Jenis PABX ini sama dengan yang umumnya dipergunakan untuk di rumah yang dihubungkan langsung ke PSTN atau dikenal juga dengan sebutan SLT (single line telephone). 

Kedua adalah PABX Digital. Sesuai namanya maka sistem output yang digunakanpun dalam bentuk data-data digital, dan jenis ini juga banyak digunakan karena terbilang lebih mudah digunakan. Nantinya, data digital tersebut akan di konversikan dengan alat komunikasi kantor berupa telepon khusus sehingga menjadi suara. Masing-masing jenis PABX sesuai dengan merk yang memproduksi device tersebut mempunyai konversi digital yang berbeda satu sama yang lainnya sehingga Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketiga adalah PABX Hybrid. Jenis PABX ini merupakan gabungan antara sistem analog dan digital. Karena hal tersebut jenis ini memiliki 2 kabel pasang analog dan 2 kabel pasang digital sehingga totalnya ada 4 kabel.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *