Aneka Perlengkapan Alat Tulis Kantor

Aneka Perlengkapan Alat Tulis Kantor

Alat tulis kantor memang bahan habis pakai yang harus dibelanjakan setiap bulan, dimana setiap divisi  memang membutuhkan jumlah yang berbeda. Namun ini semua harus Anda untuk menunjang kinerja harian, bahkan jika salah satunya tidak ada maka Anda akan mengalami kesulitan mengerjakan setiap pekerjaan harian.

Aneka Perlengkapan Alat Tulis Kantor

Ada banyak sekali jenis peratalatan tulis kantor, bahkan kebutuhan setiap orang tentu saja berbeda. Namun berikut ini ada beberapa jenis peralatan yang harus ada di meja kantor, ini paling penting dan sebaiknya dimiliki setiap orang.

5 Jenis Perlengkapan Alat Tulis Kantor Paling Penting

Kertas

Setiap mengerjakan tugas atau laporan, Anda tentu perlu mencetaknya untuk memeriksaan lebih mudah. Selain itu juga dibutuhkan untuk arsip, dimana kertas menjadi hal paling penting dan cepat habis.

Ada banyak jenis kertas yang digunakan di kantor, biasanya memang menggunakan jenis HVS dengan ukuran A4, namun banyak juga yang membutuhkan dengan ukuran F4. Setiap jenis kertas memang punya ukuran berbeda, ukuran F4 jauh lebih besar dari A4, sedangkan ketebalan biasanya berkisar di antara 70 hingga 100 gram.

  • Pulpen

Sekalipun semuanya sudah menerapkan konsep era digital, namun tetap membutuhkan tanda tangan untuk mengesahkan laporan atau dokumen penting. Ini merupakan wujud tanggungjawab dari pejabat terkait, selain itu bisa memberikan informasi siapa yang menyetujui hal setiap hal yang tertulis dalam laporan tersebut.

Pulpen ada banyak sekali macamnya, mulai dari harga seribu rupiah hingga jutaan rupiah. Ini tergantung dari ukuran, kegunaan hingga merknya. Setiap pulpen dengan harga berbeda sudah pasti memberikan kualitas berbeda, bahkan untuk kalangan menengah ke atas pulpen jadi standar atau citra seseorang.

  • Penjepit Kertas

Banyak orang menganggap alat tulis seperti paper clip (penjepit kertas) tidak terlalu penting, padahal ini akan memudahkan penyusunan dan mengelompokkan satu dokumen sehingga tidak tercecer. Tersedia dalam ukuran berbeda, mulai dari kecil untuk menjepit beberapa lembar kertas hingga ratusan lembar kertas.

  • Amplop

Fungsi amplop memang sangat penting, sebagai pembungkus surat atau dokumen yang Anda bawa. Namun kini amplop bisa menjadi ciri khas dan citra dari perusahaan, setiap amplop bahkan memiliki desain dan ukuran berbeda. Ini sesuai kebutuhan, ada dalam bentuk kecil hingga ukuran keras A4 dan F4. Amplop juga diunakan untuk memperlihatkan logo dan citra dari sebuah perusahaan.

  • Stopmap

Memiliki kegunaan hampir sama seperti amplop sebagai pembungkus, namun untuk stopmap berfungsi sebagai pembungkus agar kertas tidak tertekuk. Ukurannya biasanya menyesuaikan kertas A4 atau F4, kini banyak terbuat dari plastik agar tidak rusak saat terkena hujan dan memberikan perlindungan pada dokumen yang ada di dalamnya.

Hampir semua alat tulis kantor ini akan ada di setiap meja pekerja kantoran, kebutuhan paling mendasar ini memang cepat habis bahkan sebelum di isi ulang pada awal bulan. Sebaiknya mempunyai cadangan ekstra, jangan sampai menunda pekerjaan kantor hanya karena perlengkapan kurang.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *