Apa Itu Interactive Whiteboard? Simak Ulasannya Berikut Ini!

Untuk mengajar atau menjelaskan sesuatu saat tampil di depan umum, misalnya saat rapat, butuh media seperti papan. Ada jenis papan tulis yang menggunakan kapur dan ada jenis yang menggunakan spidol atau boardmarker. Salah satu jenis papan tulis yang bisa dipergunakan adalah interactive whiteboard. Papan tersebut merupakan papan tulis digital yang mempunyai layar responsive jika disentuh sehingga Anda lebih mudah untuk menjelaskan sesuatu. Papan tulis tersebut umumnya dilengkapi dengan fitur untuk merekam atau menyimpan informasi yang tertulis di papan tulis tersebut.

Pada dasarnya ada 3 jenis atau tipe material yang dipergunakan untuk membuat papan tulis interactive ini, yaitu:

  • Ceramic alumunium honeycomb. Material ini memiliki lapisan cat panel honeycomb yang dilapisi dengan menggunakan material ceramic. Keunggulannya adalah tahan terhadap goresan bahkan goresan dari pisau cutter sekalipun namun kelemahannya adalah harganya yang mahal.
  • Alumunium honeycom. Material dengan lapisan cat panel honeycomb yang dilapisi dengan cat couting ini tahan terhadap goresan ringan namun tidak tahan dengan goresan karena benda kasar atau benda tumpul. Jika dilihat dari harganya, material ini memiliki harga yang tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah.
  • XPS atau extruded polystyrene foam board dengan lapisan dalam panel yang mempergunakan spons yang dipadatkan. Material ini hanya tahan untuk goresan ringan namun harganya lebih murah dibandingkan 2 material lainnya.

Ada 3 jenis interactive whiteboard yang ada di pasaran dan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing jenis papan tulis interaktif tersebut memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Pertama adalah electromagnetic interaktif. Untuk mengoperasikan papan tulis ini butuh pena magnet khusus sehingga tidak bisa dioperasikan dengan mempergunakan jari tangan seperti layar touchscreen ponsel. Dilihat dari harganya, papan tulis interaktif ini memiliki harga yang murah. Kelemahannya adalah jika pena magnet khusus tersebut hilang, Anda tidak bisa menggunakan papan tulis ini dan service after sale yang rumit sebab pembuatan dari kumparan kawat yang di lilit menggunakan magnet.

Baca Juga: TIPS DALAM MEMILIH WHITEBOARD YANG BERKUALITAS

Kedua adalah infrared interactive. Papan tulis interaktif ini butuh pena infrared khusus namun Anda bisa menyentuh atau menulis menggunakan jemari tangan ataupun benda lainnya karena papan ini support multi touch. Sehingga jika pena infrared hilang, Anda tidak perlu cemas. Kelemahannya adalah harganya yang relatif mahal dan cukup sensitif terutama terhadap benturan karena di keliling frame dengan lampu sensor infrared serta service after sale yang rumit dan mahal.

Ketiga adalah optical interactive whiteboardPapan tulis ini tidak butuh pena khusus untuk mengoperasikannya, support dual touch dan Anda bisa menggunakan tangan atau benda lain untuk menulis atau menggambar di papan tulis interaktif ini. Kelemahannya adalah hanya bisa support dual touch dengan 2 user yang menulis bersamaan. Salah satu keunggulannya adalah service after sale yang relatif murah.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *