Apa itu Mesin Absensi Sidik Jari? Simak Ulasan Lengkapnya Berikut Ini!

Apa itu Mesin Absensi Sidik Jari? Simak Ulasan Lengkapnya Berikut Ini!

Absensi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi gaji untuk karyawan ataupun nilai bagi para mahasiswa. Dulu, untuk mengetahui datang atau tidak seseorang misalnya ke kantor harus tanda tangan terlebih dahulu namun saat ini sudah ada mesin untuk presensi yang dapat Anda pilih sesuai dengan yang Anda butuhkan. Terdapat beragam jenis mesin absensi yang dipergunakan dari dulu hingga sekarang.

Apa itu Mesin Absensi Sidik Jari? Simak Ulasan Lengkapnya Berikut Ini! 

Dari sekian banyak mesin untuk absensi, mesin dengan fingerprint atau sidik jari termasuk sebagai mesin yang paling banyak dipergunakan. Beberapa alasan yang menyebabkan mesin fingerprint banyak dipilih untuk absensi, diantaranya adalah:

  • Mudah untuk dipergunakan, karena hanya tinggal menempelkan jemari Anda di tempat scanner yang sudah disiapkan di mesin tersebut.
  • Memiliki harga yang terjangkau.
  • Jika mesin tersebut rusak, sudah banyak tempat yang mampu untuk memperbaiki sehingga bisa dipergunakan kembali.

Pada dasarnya mesin absensi yang menggunakan sidik jari ini mempunyai 2 proses utama yaitu mengambil gambar dari sidik jari dan kemudian memutuskan apakah pola alur dari sidik jari gambar yang diambil sama dengan pola alur dari sidik jari yang sudah ada di database. Optical scanning digunakan untuk melakukan pengambilan data dari sidik jari yang akan direkam. Pada scanner optical terdapat sistem sensor yaitu charge coupled device atau CCD untuk scanning. Nantinya, jemari Anda, misalnya jempol di bagian lempengan kaca dan kamera CCD untuk mengambil gambarnya. Sistem CCD tersebut akan menghasilkan gambar yang terbalik dengan area gelap untuk punggung alur sidik jari dan terang untuk bagian sidik jari.

Sebelum proses membandingkan gambar yang baru diambil dengan data yang sudah disimpan, processor scanner tersebut akan memastikan jika CCD tersebut telah mengambil gambar dengan jelas dengan cara pengecekan kegelapan dari pixel rata-rata. Jika gambar terlalu gelap atau terlalu terang maka mesin tersebut akan menolak dan Anda harus melakukan scanning kembali beberapa saat setelahnya.

Jika dari proses scanning tersebut gambar yang didapatkan jelas, processor akan memperhatikan pola dari sidik jari yang didapatkan baik secara melintang ataupun vertikal. Nantinya jika gambar yang didapat tersebut sudah memenuhi syarat maka gambar yang diperoleh tersebut akan dibandingkan dengan gambar sidik jari yang ada di database dari mesin absensi tersebut. Dari proses tersebut, Anda bisa mengetahui cara kerja mesin untuk absensi yang menggunakan sidik jari. Untuk memilih mesin yang tepat untuk absensi menggunakan sidik jari, ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu:

  • Fungsi dan fiturnya. Ada jenis mesin yang hanya digunakan untuk absensi dan ada juga yang dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan untuk membuka pintu atau akses ke ruangan tertentu.
  • Komponen yang dipergunakan oleh mesin tersebut.
  • Harga dari mesin untuk absensi fingerprint.
  • Penggunaannya mudah atau tidak.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *