Awas, Perilaku Ini Ternyata Bisa Merusakkan Harddisk Eksternal Anda

Untuk menyimpan beragam jenis file mulai dari video, musik, gambar bisa menyimpannya langsung di laptop atau komputer. Akan tetapi, karena komputer sudah penuh memorinya, maka mau tidak mau Anda harus menyimpan file tersebut di tempat penyimpanan tambahan dan salah satunya adalah di harddisk eksternal. HDD eksternal ini umumnya memiliki besar kapasitas 500 GB hingga 2 TB. Alat penyimpanan ini sangat membantu untuk menyimpan beragam file namun, kebiasaan ataupun perilaku berikut ini, justru bisa membuat HDD eksternal Anda rusak.

Pertama adalah salah dalam penggunaan dan penempatannya. Walaupun HDD eksternal ini memiliki space yang cukup besar namun tidak bisa digunakan untuk beberapa hal dan salah satunya adalah instalasi pada HDD tersebut. Jika hal itu dilakukan maka akan menyebabkan HDD lebih banyak memiliki aktivitas pembacaan serta penulisan yang akan mengakibatkan motor menjadi lemah sehingga umur komponen penyusun yang lainnya tersebut menjadi semakin pendek.

Sedangkan untuk penempatannya, harddisk eksternal wajib diletakkan di tempat yang bersih dan tepat. Hindari untuk menyimpan atau meletakkan device penyimpanan tersebut di tempat yang pengap dan kotor. Hindari juga meletakkan di bagian yang terlalu panas. Tempatkan HDD eksternal Anda tersebut di tempat yang datar dan juga halus serta bersih. Sehingga tidak hanya akan membuat HDD eksternal menjadi awet dan tahan lama namun juga membuat Anda lebih hemat karena tidak perlu lagi membeli HDD eksternal yang baru.

Kedua adalah melepas sambungan HDD eksternal secara paksa yang disebabkan karena adanya gangguan ketika dilakukannya transfer data. Terkadang saat sedang mentransfer data, program menjadi not responding dan menyebabkan Anda langsung mencabut sambungan tersebut dan kemudian mencolokkan atau menyambungkannya kembali. Cara tersebut ternyata bisa menyebabkan kerusakan yang terjadi pada media penyimpanan dan juga kerusakan data.

Baca Juga:hCARA SEDERHANA AGAR HARDDISK EKSTERNAL AWET MESKI SERING DIGUNAKAN

Perilaku lainnya yang kerap dilakukan tanpa disadari atau kebiasaan yang menyebabkan harddisk eksternal rusak adalah:

  • Melepaskan harddisk dengan cara salah yang hanya langsung dicabut dari laptop atau dari komputer. Walaupun lebih cepat, namun cara tersebut bisa menyebabkan kerusakan misalnya kerusakan pada data. Untuk menghindarinya maka Anda harus melakukan eject lebih dahulu baru kemudian Anda bisa klik HDD eksternal Anda untuk dilepaskan atau tidak disambungkan dengan komputer.
  • Memiliki daya asupan yang kurang yang disebabkan karena proses data yang tidak berjalan dengan baik dan benar. Anda bisa menggunakan jenis kabel Y sehingga membuat asupan daya menjadi lebih stabil.
  • Adanya kontak fisik dengan yang lain, misalnya terjadi benturan yang cukup keras dengan laptop Anda karena Anda menyimpannya di tas sedangkan HDD tersebut tidak ditempatkan di tempat yang seharusnya misalnya yang tahan benturan. Benturan atau kontak fisik tersebut bisa membuat HDD cepat rusak misalnya terjadi harus pendek di dalam HDD eksternal tersebut.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *