Bahan Pertimbangan Penting Memilih Karpet Lantai Untuk Ruangan Rumah

Karpet bisa dijadikan solusi mempercantik ruangan agar lebih nyaman. Selain itu karpet lantai membantu menutupi kekurangan ruangan agar terlihat lebih menarik. Ada banyak jenis-jenis karpet di pasaran yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Sebelum membeli karpet untuk kebutuhan di rumah Anda, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, Pertama: pilih karpet yang disukai, Kedua: sesuaikan dengan ruangan dimana karpet tersebut dipasang, Ketiga: pertimbangkan cara perawatannya dan Keempat: sesuaikan dengan anggaran.

Mungkin Anda pernah mendengar aturan-aturan yang ada beredar di masyarakat mengenai cara pemasangan karpet, ada aturan yang menyarankan agar separuh kaki sofa terkena karpet dan bagian separuh lainnya berada di luar karpet. Ada juga yang mengatakan sebaiknya untuk beberapa jenis furniture ditempatkan di atas permukaan karpet.

Apapun aturannya, pemasangan karpet yang tepat adalah yang bisa membuat tampilan ruangan menjadi lebih nyaman dan indah. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan mengenai beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan jika akan memasang karpet di dalam  ruangan rumah.

Penyatu Furniture

Bisa dibilang karpet lantai merupakan penyatu furniture yang ada di dalam ruangan. Jadi memasang karpet bukan lagi masalah jumlah/ bagian kaki sofa yang berada di area karpet. Namun lebih dari itu, karpet harus dapat menjadi penyatu berbagai furniture yang ada di dalamruangan. Jangan takut dan ragu menempatkan sofa dengan letak dan gaya berbeda. Misalnya; furniture diletakkan seluruhnya di atas karpet. Atau menempatkan sebagian sofa di area karpet, dengan beberapa furniture yang tampak sedikit berbeda. Cara ini sebagian dari beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengakali ruangan yang kecil.

Baca Juga:  JENIS-JENIS KARPET LANTAI BERDASARKAN KONSTRUKSI DAN BENTUKNYA

Memilih Karpet Sesuai Dengan Fungsi Ruangan

Ada banyak jenis karpet yang bisa dijadikan pilihan, namun pastikan jenis karpet yang Anda pilih sesuai dengan ruangan dimana karpet tersebut akan dipasang. Misalnya jika karpet dipasang diruang tidur, maka dibutuhkankenyamanan dengan bahan yang lembut dan tebal. Misalnya jenis karpet berbulu atau permadani.

Sedangkan jika karpet dipasang di ruangan yang banyak dilalui maka bisa gunakan yang bahannya terbuat dari plastik. Karena bahan plastik lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan karpet permadani.

Memilih Karpet Polos Atau Motif

Bahan pertimbangan yang tidak kalah penting lainnya adalah memilih karpet yang polos atau yang bermotif. Hal ini penting, karena mempengaruhi kenyamanan dan suasana di dalamruangan. Misalnya, jika ruangannya kecil lalu menggunakan karpet yang penuh dengan motif malah memberikan kesan ruangan terlihat dan terasa lebih kecil.

Karpet lantai bermotif ramai lebih cocok digunakan di ruangan yang luas tanpa banyak perabotan. Sedangkan karpet yang polos cocok untuk ruangan yang sempit dan banyak perabotan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *