Beberapa Pilihan Alat Kantor untuk Keperluan Absensi

Demi bisa menjaga karyawan selalu disiplin, hampir semua kantor saat ini telah memasang mesin absensi. Tidak dapat dipungkiri jika alat kantor yang satu ini memang memberikan berbagai macam manfaat untuk keperluan pengabsenan dan masih banyak lagi. Sejak kemunculan mesin absensi, maka cara absen manual pun sudah mulai ditinggalkan karena dinilai tidak efektif dan efisien. Mesin absensi pun sudah banyak tersedia dengan ragam jenis sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Berikut ini beberapa jenis mesin absensi yang ada saat ini:

  • Mesin absensi digital

Alat kantor yang satu ini telah ada sejak tahun 70-an dan merupakan cikal bakal dari keseluruhan teknologi pada mesin absensi saat ini. pengoperasiannya adalah dengan menggunakan sandi yang telah terdaftar. Kelebihan dari mesin ini adalah tidak perlunya penggunaan kertas untuk medianya. Cukup masukkan data dan sandi pun sudah bisa terhitung untuk masuk.

  • Mesin absensi kartu magnet

Jenis mesin selanjutnya adalah kartu magnet yang menggunakan magnetic card dalam proses pengabsenan nya. Cara kerjanya adalah dengan menggesek kartu tersebut pada mesin sehingga setiap karyawan harus memiliki kartu aksesnya. Kelebihan dari mesin ini adalah lebih praktis dan simpel dan harganya pun cukup terjangkau.

  • Mesin absensi basis web

Mesin absensi yang selanjutnya ada mesin dengan basis web atau online. Mesin absensi ini tidak seperti bentuk umumnya karena merupakan perangkat lunak yang ada pada komputer karyawan sehingga masing-masing karyawan harus memiliki username dan sandi. Kelebihan dari mesin yang satu ini adalah pada akurasi untuk datanya yang lebih baik dan mampu lebih menjaga privasi.

Baca Juga: PENTINGNYA MEMILIKI ALAT KANTOR SEBAGAI PENDUKUNG PEKERJAAN

  • Mesin absensi sidik jari

Mesin ini bisa beroperasi dengan penggunaan sidik jari pada karyawan mengingat sidik jari masing-masing orang berbeda satu sama lain. Kelebihannya adalah lebih praktis dan bisa mengurangi kecurangan pada karyawan ketika absensi.

  • Mesin absensi biometrik

Ada juga mesin yang canggih yang bisa mendeteksi wajah dan kini sudah umum dipakai di perkantoran. Mesin ini lebih canggih dibanding mesin sebelumnya karena memiliki kemampuan untuk autentifikasi karyawan ketika proses pengabsenan. Kelebihannya adalah pada kecepatan dalam pengabsenan nya, dan mampu menyimpan data hingga puluhan ribu karyawan. Meski begitu, jika Anda tertarik pada mesin absensi yang satu ini, maka harus siap untuk mengeluarkan uang yang cukup besar.

Itulah beberapa jenis alat kantor yang berfungsi sebagai mesin absensi. Mesin absensi merupakan alat yang penting kehadirannya karena perannya yang bisa mengetahui absen karyawan dengan akurat dibanding cara manual. Perkantoran pun akan lebih mudah dalam pendataan gaji, uang lembur dan masih banyak lagi data lain yang berhubungan dengan kehadiran karyawan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *