Beberapa Software Komputer Gratis Sebagai Pengganti Microsoft Word

Beberapa Software Komputer Gratis Sebagai Pengganti Microsoft Word

Software komputer yang biasanya ada pada komputer adalah Microsoft Office, yang terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, dlsb. Microsoft Word merupakan software pengolah kata yang banyak digunakan di hampir semua komputer yang mempunyai sistem operasi Windows. Beberapa fiturnya sangat membantu penggunanya dalam membuat dokumen digital yang rapi. Sayangnya software yang tergabung ke dalam Microsoft Office ini terbilang sebagai salah satu software berbayar.

 Beberapa Software Komputer Gratis Sebagai Pengganti Microsoft Word

Biasanya para pengguna menggunakan Microsoft Word yang berversi crack atau bajakan karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang dibandingkan dengan membeli software-nya yang asli. Padahal hal ini sebenarnya secara tidak langsung merugikan pengguna komputer itu sendiri. Karena data yang ada pada perangkat bisa sangat tidak aman serta tidak mendapatkan update aplikasi dari pengembang. Sebagai saran sebaiknya Anda mencari alternatif pengganti software Microsoft Word yang bias didapatkan secara gratis. Berikut ini beberapa software tersebut.

  • WPS Office Free.

Di software gratis WPS Office Free Anda akan menemukan varian software untuk mengolah dan mengedit dokumen yang disebut dengan Writer. Untuk tampilan antar muka, WPS Writer akan menghadirkan layout yang sangat familiar seperti pada Microsoft Word dan dilengkapi juga dengan berbagai fitur-fitur pelengkap. Kelebihan dari software komputer yang satu ini dibandingkan dengan Microsoft Word adalah adanya dukungan cloud back up data hingga kapasitas 1GB.

  • LibreOffice.

Pada LibreOffice Anda kan lebih cepat beradaptasi karena untuk tampilan hampir sama dengan Microsoft Office versi terdahulu. Software yang satu ini cukup kompatibel untuk membuka maupun mengedit berkas dokumen DOC maupun DOCX. Seperti halnya Microsoft Office, software LibreOffice juga memiliki bagian dari paket software yang saling terintegrasi. Sehingga jika Anda memiliki keinginan untuk menggantikan pemakaian Excel maupun PowerPoint di Microsoft Office, Anda bisa berpindah menggunakan layanan dari LibreOffice.

  • Apache OpenOffice.

Seperti halnya dengan LibreOffice, software Apache OpenOffice juga dikembangkan secara open source. Fiturnya sendiri cukup bersaing dengan Microsoft Office maupun LibreOffice dari segi formatnya. Untuk tampilan antar muka pengolah dokumennya, software yang satu ini memiliki sidebar dengan sekumpulan shortcut untuk mengeksekusi tombol formatting yang bisa diatur sendiri.

  • SoftMaker FreeOffice.

SoftMaker FreeOffice terbilang cukup sederhana dibandingkan dengan beberapa software yang dibahas sebelumnya. Jika Anda lebih menyukai pengolah dokumen yang tidak rumit dan cenderung praktis, Anda bisa menggunakan software yang satu ini yang hanya memiliki standar formatting sehingga sangat cocok untuk mengolah dokumen saat posisi terburu-buru.

  • Google Docs.

Software komputer yang terakhir ini sepertinya akan sangat cocok untuk menggantikan peranan Microsoft Word pada komputer Anda. Google Docs menawarkan berbagai fitur untuk mengedit dokumen yang bisa terintegrasi dengan berbagai layanan Google seperti Google Drive maupun Gmail. Selain memiliki fitur untuk formatting yang unggul dibandingkan dengan beberapa software pesaing sejenis Microsoft Word. Karena terintegrasi dengan Google Drive, tentu akan memudahkan Anda mengedit data di perangkat manapun.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *