Bentuk dan Fungsi Kegunaan Stempel bagi Sebuah Institusi

Bentuk dan Fungsi Kegunaan Stempel bagi Sebuah Institusi

Cap atau stempel sudah lama dikenal dan dipakai oleh manusia sebagai salah satu bentuk kehadiran seseorang, identitas, dan lembaga atau institusi pemerintahan. Hal tersebut dapat dilihat banyak sekali peninggalan sejarah yang membubuhkan cap atau tanda pada dokumen-dokumen resmi mereka. Salah satu bangsa yang paling sering memakai cap adalah bangsa china pada saat dinasti Yin dan Shang. Biasanya mereka akan membubuhkan cap pada dokumen penting supaya tidak dibuka sembarangan oleh orang yang tidak berkepentingan.

Bentuk dan Fungsi Kegunaan Stempel bagi Sebuah Institusi

Pada masa itu, surat tidak dimasukan pada amplop seperti sekarang, namun hanya diikat dengan tali sebagai pengaman. Untuk menghindari surat tersebut dibuka secara sembarangan oleh orang lain, maka tali di cap sehingga aman, hal tersebut dikenal dengan nama fengni. Sampai saat ini stempel atau yang lebih dikenal dengan sebutan cap masih sering digunakan apalagi pada sebuah lembaga, instansi, organisasi ataupun perusahaan.

Untuk sebuah perusahaan sebetulnya tidak ada aturan baku dalam bentuk cap, namun saat ini banyak perusahaan yang menggunakan cap resmi seperti di lembaga pemerintahan. Ada beberapa jenis stampel yang sering digunakan oleh instansi, berikut beberapa diantaranya, antara lain:

Lingkaran

Stempel bentuk ini memang paling banyak digunakan yang paling mudah ditemui, apalagi pada instansi pemerintahan. Secara visual tampak bentuk lingkaran ini melambangkan kesan yang lebih formal atau resmi sehingga banyak digunakan seperti di lembaga formal lainnya. Untuk perusahaan biasanya akan membuat cap resmi berbentuk lingkaran dan sedikit membubuhkan elemen-elemen lainnya agar terkesan tidak kaku dan statis.

Oval

Bentuk oval ini banyak digunakan pada lingkup yang lebih khusus di sebuah institusi, seperti acara kepanitiaan, stempel perpusatakaan, atau dipakai pada sub divisi di instansi utama. Cap dengan bentuk ini biasanya mempunyai kekuatan hukum yang sifatnya mengikat pada kelompok tertentu pada institusi di dalamnya. Sedangkan untuk sebuah perusahaan, bentuk lingkaran maupun oval tidak mempengaruhi seberapa besar kekuatan hukum yang dipakai. Berbeda dengan institusi pemerintahan, sebuah perusahaan atau badan usaha mandiri dapat membuat cap dengan bentuk oval karena mengikuti logo perusahaan.

Segi Empat

Bagi institusi formal, cap bentuk segi empat dipakai dalam event kecil atau temporer sehingga saat acara tersebut sudah selesai maka capnya tidak bisa digunakan lagi. Bagi kalangan luas stempel bentuk ini dipakai biasanya dalam tanda lunas pada transaksi pembayaran, penanda surat resmi, atau sebagainya.

Bebas

Dalam bentuk bebas ini, stempel akan ditemui di sebuah perusahaan, sebuah komunitas kecil, atau lembaga non formal lainnya. Biasanya dalam sebuah perusahaan akan menempatkan logonya pada cap tersebut. Tidak hanya bentuknya saja yang bebas, tetapi pemilihan warna dan teknik penggunaannya pun juga bebas.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *