Beragam Furniture kantor yang Wajib Ada

Beragam Furniture kantor yang Wajib Ada

Dalam sebuah kantor terdapat banyak sekali perlengkapan yang ada. Baik itu peralatan kantor maupun fasilitas-fasilitas lain. Dalam sebuah kantor ada empat kategori utama, yaitu furniture perlengkapan kantor, perlengkapan kantor, teknologi dan juga human atau manusia yang berperan sebagai pekerja. Hal utama yang membentuk sebuah kantor adalah kelengkapan furniturenya, yang kemudia disebut dengan furniture kantor.

Beragam Furniture kantor yang Wajib Ada

Beberapa bagian dari furniture kantor yang sering kali dijumpai ketika baru masuk  adalah meja kantor, kursi kantor, almari penyimpanan. Masing-masing perlengkapan tersebut mempunyai fungsi dan peran masing-masing sesuai dengan penggunaanya. Berikut akan dibahas satu persatu furniture:

  • Meja kantor

Meja adalah salah satu bagian penting dalam furniture kantor. Di meja kita dapat melakukan banyak tugas pekerjaan, menunjang aktivitas pekerja seperti menulis, mengetik, menggambar, menghitung, menerima telpon, melakukan wawancara dan masih banyak lainnya. Meja kantor ada yang terbuat dari besi, kayu, plastik atau bahkan kaca. Meja mempunyai bentuk permukaan yang datar yang bisa digunakan untuk meletakkan laptop atau komputer. Meja kantor umumnya mempunyai laci sebagai tempat penyimpanan berkas-berkas penting.   

  • Kursi Kantor

Jika ada meja kantor maka juga akan ada kursi kantor. Ini merupakan satu paket dalam furniture kantor, merupakan perlengkapan yang tidak terpisahkan. Fungsi kursi kantor digunakan untuk duduk, menyangga tubuh ketika sedang bejerka di depan meja. Selain itu fungsi kursi kantor juga dapat digunakan untuk istirahat, menunggu pertemuan dan lain-lain.  Adapaun jenis dari kursi kantor ada dua, yaitu kursi eksekutif adalah jenis kursi yang mahal, jok atau tempat duduknya terbuat dari kulit dan umumnya memiliki punggung penyangga yang lebih tinggi. Kursi manajer adalah jenis kursi eksekutif yang lebih mengutamakan pada fitur ergonomisnya. Kursi khusus yang relatif lebih tinggi dan sejajar dengan meja yang tersedia untuk penyusanan gambar, tanpa lengan dan terdapat sandaran kaki.

  • Almari penyimpanan

Almari penyimpanan juga merupakan bagian penting dalam furniture kantor. Berfungsi sebagai tempat penyimpanan berkas-berkas. Almari ini ada yang terbuat dari kayu, besi, kaca dan juga plastik. Jika untuk penyimpanan uang biasanya akan terbuat dari besi yang disebut dengan brankas. Harga dari almari tergantung dari jenisnya bahan yang digunakan. Ada yang mahal ada juga yang murah. Tinggi dari dari almari ini pun beragam. Ada yang pendek, sedang dan tinggi.

Dari ketiga furniture kantor di atas, hal lain yang perlu diperhatikan adalah saat melakukan pemilihan model meja dan kursi. Bedakan antara model yang di desain untuk bekerja dengan model yang di desain untuk bersantai di rumah. Jangan sampai pemilihan desain malah menyebabkan pegawai menjadi malas bekerja, tidak nyaman saat menggunakannya, membuat kantuk dan alasan lain yang tidak menunjang pekerjaan.

Selain disediakan untuk pegawai, alangkah baiknya juga jika siapkan  furniture untuk tamu. Model meja dan kursi tamu harus memberikan kenyamanan saat mereka datang ke kantor sehingga dapat memberikan kesan yang baik. Demikian pembahasan mengenai furniture kantor semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *