Berbagai Alat-alat Kantor yang Anda Butuhkan

Berbagai Alat-alat Kantor yang Anda Butuhkan – Dalam menjalankan berbagai urusan yang berhubungan dengan administrasi, kesekretariatan dan pengelolaan usaha, sebuah kantor pasti membutuhkan berbagai perlengkapan dan peralatan kantor. Hal ini dimaksudkan agar semua urusan perusahaan berjalan lancar tanpa halangan. Bayangkan, jika kantor tidak memiliki itu semua. Sudah dipastikan akan kacau dan tidak terstruktur.

Peralatan kantor adalah berbagai barang yang bisa digunakan dalam jangka waktu lama dan diletakkan di area khusus untuk menunjang jalannya perusahaan. Setiap perusahaan memiliki peralatan yang berbeda tergantung jenis usaha yang dikelolanya. Namun pada umumnya, ada beberapa peralatan kantor yang memang harus dimiliki perusahaan.

Berikut ini ada sedikit ulasan mengenai berbagai alat-alat kantor yang anda butuhkan secara umum. Apa saja?

  • Meja kantor

Meja kantor adalah salah satu perabotan (furniture) yang didesain khusus untuk peralatan kantor. Biasanya, pada kantor akan terdapat beberapa laci yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam arsip, alat tulis dan perlengkapan kantor penting lainnya. Selain meja kantor, perusahaan juga perlu mengadakan meja tamu untuk menemui klien dan nasabah.

  • Kursi kantor

Kursi ini dirancang khusus untuk perkantoran. Didesain sedemikian rupa sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

  • Lemari arsip

Jika karyawan ingin menyimpan arsip kantor seperti surat penting, surat masuk dan surat keluar, nota, kwitansi, dan berbagai dokumen lainnya, maka perusahaan memerlukan lemari arsip. Dengan adanya lemari arsip, berbagai data perusahaan akan tersimpan rapi dan aman.

  • Rak arsip

Memiliki fungsi yang sama dengan lemari arsip, perbedaan mencolok adalah jika lemari arsip memiliki pintu sementara rak arsip tidak memiliki pintu. Rak arsip digunakan untuk menyimpan arsip yang disusun secara menyamping.

Baca Juga : PERABOT KANTOR YANG ANDA BUTUHKAN

  • Box file

Fungsi kotak arsip adalah untuk menjaga kerapihan meja kerja agar dokumen-dokumen penting tidak berantakan. Terbuat dari bahan plastic, multiplex, kardus atau alumunium, biasanya memiliki beragam warna untuk mempermudah pencarian arsip di dalamnya.

  • Komputer

Komputer sangat penting bagi perusahaan. Komputer dapat digunakan untuk mengetik, mengolah data, pengarsipan, membuat desain dan sebagai sarana promosi.

  • Printer, scanner dan mesin fotocopy

Fungsi printer adalah untuk mencetak berbagai dokumen atau hasil pekerjaan yang dibuat dengan komputer. Adapun scanner adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah dokumen fisik ke dalam data komputer. Lantas, mesin fotocopy adalah mesin yang berfungsi untuk menduplikasikan dokumen dan gambar visual.

Pada jaman serba canggih seperti sekarang ini, perusahaan tidak usah membeli printer, scanner dan mesin fotocopy secara terpisah sebab banyak merk elektronik yang sudah mengaplikasikan ketiganya hanya dalam satu alat saja. Namun untuk kebutuhan yang banyak, disarankan agar membeli mesin fotocopy terpisah karena ditakutkan alat 3 in 1 tersebut akan cepat rusak.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *