Berbagai Fungsi ID Card Perusahaan yang Harus Anda Ketahui

Berbagai Fungsi ID Card Perusahaan yang Harus Anda Ketahui

Setiap karyawan di perusahaan harusnya memiliki sebuah kartu identitas. Kartu identitas ini memiliki beberapa fungsi baik untuk karyawan maupun untuk perusahaan. Berikut ini akan dipaparkan fungsi ID card secara umum:

Berbagai Fungsi ID Card Perusahaan yang Harus Anda Ketahui

  • Alat Presensi

Terdapat sebuah perusahaan yang menggunakan kartu identitas sebagai alat presensi dan juga sebagai syarat untuk memasuki ke wilayah perusahaan. Para karyawan harus men-scan kartu identitas yang dimiliki pada mesin absensi yang tersedia di bagian depan kantor. Hal ini sudah banyak diterapkan oleh perusahaan yang berada di kota besar.

  • Menjadi Kartu Akses

Saat ini ID card bukan lagi sebuah kartu identitas saja tetapi juga dapat digunakan sebagai kartu akses. Kartu akses ini dapat digunakan sebagai alat pembayaran bagi para pemegang kartu seperti halnya kartu debit. Fungsinya yang semakin berkembang diharapkan dapat membantu keefektifan karyawan dalam melaksanakan tugasnya.

  • Meningkatkan Citra Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan keberadaan kartu identitas sangat erat kaitannya dengan citra atau image perusahaan itu sendiri. Dengan adanya sebuah kartu identitas perusahaan terlihat lebih bonafit dan lebih profesional. Hal ini dikarenakan setiap elemen perusahaan yang terlibat dalam kegiatan mengenakan sebuah identitas resmi perusahaan. Sehingga saat semua karyawan sebuah perusahaan menggunakan kartu ini, kesan positif dan formal akan menyeruak begitu saja di dalam suasana berkerja.

Apabila ada tamu dari perusahaan lain yang berkunjung pasti akan menangkap sinyal positif dari adanya kartu identitas resmi tersebut. Mereka akan memberikan kesan positif dengan adanya ID card yang digunakan oleh para karyawan. Dengan demikian adanya sebuah kartu identitas memiliki peran penting dalam sebuah penilaian seseorang terhadap suatu perusahaan.

  • Sebagai Alat Promosi

Saat karyawan harus melakukan kegiatan keluar kantor dan menggunakan kartu identitas resmi maka orang-orang yang melihatnya akan mengetahui perusahaan tempatnya bekerja. Hal ini dapat digunakan sebagai salah satu alat promosi perusahaan secara tidak sengaja dan tidak terencana.

  • Mempermudah Mengenali Karyawan

Dengan melihat ID card yang digunakan Anda akan lebih mudah dalam mengenali karyawan lain berdasarkan penempatannya. Selain itu para jajaran direksi dapat dengan mudah mengenali secara langsung karyawannya dengan melihat kartu identitasnya. Dengan kartu identitas yang dimiliki dapat melihat bagian penempatan atau divisi dan juga nama yang bersangkutan. Akan sangat baik dan bagus  apabila setiap divisi memiliki kartu identitas yang berbeda warna.

  • Mencegah Adanya Penyusup

Persaingan yang terjadi di dalam dunia kerja sangatlah ketat. Terkadang ada orang-orang yang berusaha menyusup ke wilayah perusahaan lain demi mendapatkan hal yang diinginkan. Dengan adanya sebuah kartu identitas diharapkan dapat mencegah penyusup ataupun orang lain yang tidak berkepentingan memasuki wilayah kantor. Dengan ini rahasia yang dimiliki perusahaan tidak akan terbongkar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *