Berbagai Jenis dan Ukuran Kertas HVS Standar

Kertas memang menjadi kebutuhan penting sebagai alat tulis kantor, bahkan habis pakai ini banyak digunakan sebagai pencetak dokumen hingga foto. Anda tentu lebih mengenal kertas HVS, ini adalah ukuran standar kertas yang digunakan untuk mencetak laporan. Bahkan beberapa orang hanya mengenal kertas ukuran A4 dan F4, padahal masih banyak kertas jenis HVS dengan ukuran yang lebih besar dan kecil.

Padahal ada banyak lagi kertas jenis HVS yang tersedia, ini bisa digunakan untuk menggambar, membuat amplop, kartu pos bahkan digunakan untuk mencetak foto. Namun sayang yang populer hanya kertas uantuk mencetak dokumen saja. Berikut ini ada beberapa jenis kertas ukuran HVS yang tersedia dan digunakan untuk keperluan lainnya.

5 Jenis Kertas HVS yang Ada Di Pasaran

Kertas Seri A

Ini biasanya banyak digunakan untuk mencetak dokumen, laporan dan bukti tertulis. Dipakai di perkantoran, penerbitan dan perkuliahan. Banyak orang menggunakan kertas A4 dengan ukuran 21 x 29,7 sentimeter, ini adalah ukuran normal.

Dimana kertas ukuran A banyak sekali macamnya, mulai dari A0 sampai A10. Untuk ukuran terbesar A0 berukuran 84,1 x 118,9 sentimeter, sedangkan yang terkecil A10 dengan ukuran 2,6 x 3,7 sentimeter. Biasanya ukuran A3 yang digunakan untuk kertas gambar, berukuran 29,7 x 42 sentimeter.

Mengapa digunakan kertas seri A, karena ketebalan pas dan bisa menyerap tinta dengan baik. Biasanya dengan ketebalan mulai dari 70 gram sampai 100 gram, ini paling cocok digunakan untuk laporan karena tidak terlalu berat jika dalam jumlah besar.

  • Kertas Seri B

Ini merupakan kertas yang digunakan untuk pembuatan poster dan lukisan di dinding, kertasnya cenderung besar dan cukup tebal. Ini cocok digunakan untuk pembuatan gambar, karena lebih besar dan bisa menyerap cat dengan baik.

Ukuran kertas HVS seri B lebih besar dari kertas seri A, ukuran terbesar B0 dengan 100 x 141 sentimeter, sedangkan yang terkecil B10 dengan ukuran 3,1 x 4,4 sentimeter. Biasanya yang digunakan untuk mengambar, kertas B4 ukuran 25 x 35,3 sentimeter.

  • Kertas Seri C

Lebih banyak digunakan untuk kartu pos dan amplop, hal tersebut karena ketebalan lebih berkisar 150 hingga 300 gram. Sebagian besar kini memiliki lapisan anti air dan tahan minyak, ini bahkan bisa bertahan lama. Kertas seri C yang terbesar C0 ukuran 91,7 x 129,7 sentimeter sedangkan yang terkecil C8 berukuran 5,7 x 8,1 sentimeter.

  • Kertas Seri R

Banyak digunakan untuk mencetak foto karena di satu sisi memiliki lapisan anti air dan minyak, memiliki penyerapan yang bagus dan memiliki permukaan yang agak kasar sehingga tinta bisa menempel lebih lama. Berbeda dengan kertas lainnya, ukuran terbesar kertas seri R yaitu 12R+ dengan 30,5 x 46,5 sentimeter sedangkan yang terkecil 2R dengan ukuran 6 x 9 sentimeter, biasanya digunakan untuk pas foto.

  • Kertas Seri F

Hanya memiliki satu ukuran yaitu F4 dengan 21,5 x 33 sentimeter, yang banyak digunakan untuk kertas fotokopi dan cetak di perkantoran. Ukuran lebih besar dari A4 namun memiliki ketebalan lebih tipis, ini lebih cocok untuk mencetak tinta hitam putih karena lebih tahan dan lama dan cepat mengering.

Berbagai macam seri kertas HVS tersebut sudah bisa Anda dapatkan di toko buku terdekat, gunakan sebagai kebutuhan. Ada baiknya untuk kertas jangan disimpan terlalu lama karena bisa menyebabkan perubahan warna, jika masih tersisa usahakan tempatkan di ruangan kedap udara dan tidak terlalu lembab.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *