Cara Bijak dalam Menggunakan AC Kantor yang Bisa Anda Terapkan

Cara Bijak dalam Menggunakan AC Kantor yang Bisa Anda Terapkan

Suhu udara di Indonesia yang cenderung panas di siang hari maupun malam hari membuat sebagian besar orang sering merasa kegerahan. Sehingga penggunaan air conditioner atau AC untuk rumah-rumah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan. Sama halnya pada suatu kantor, penggunaan AC menjadi kebutuhan sehari-hari dalam operasional kerjanya. Adanya AC kantor membuat karyawan maupun staff di dalam kantor menjadi nyaman selama bekerja karena terhindar dari kegerahan yang terkadang membuat mood turun.

Cara Bijak dalam Menggunakan AC Kantor yang Bisa Anda Terapkan  

Untuk menjaga ruangan tetap sejuk, AC menjadi pilihan di hampir semua kantor terutama di kota-kota besar. Alasannya karena AC memiliki fitur pendingin yang tidak bisa kita temukan pada kipas angin. Penggunaannya pun dinilai lebih ringkas dan praktis tanpa harus memakan banyak tempat. Digunakan setiap hari untuk mendinginkan ruangan, AC sering mengalami beberapa kendala. Dari mulai kerusakan mesin, AC tidak dingin saat dinyalakan, dan masih banyak lagi.

Jika sudah begini tentu akan membuat siapapun uring-uringan karena kegerahan. Terlebih bagi yang sudah terbiasa menggunakan AC di dalam ruangan. Perlu diketahui, tak sedikit kendala yang terjadi pada AC dikarenakan cara pemakaian yang salah dari manusia itu sendiri. Yang mana tak jarang juga semakin memperpendek usia AC yang digunakan tersebut. Sama seperti barang elektronik lainnya, penggunaan AC juga tidak boleh sembarangan jika ingin awet hingga bertahun-tahun. Anda harus mengetahui cara pemakaian yang baik dan benar. Untuk itu berikut ini ada beberapa cara bijak yang bisa Anda lakukan dalam penggunaan AC kantor, yaitu:

  • Jangan lupa mematikan AC saat ruangan tidak digunakan.

Selain menghindarkan dari tindakan pemborosan listrik, juga agar memberi waktu AC untuk beristirahat.

  • Memasang timer.

Hal ini bertujuan agar mesin AC tetap terjaga baik. Lakukan pengaturan timer penggunaan AC paling lama durasi 5 jam. Setelah itu biarkan AC beristirahat untuk mendinginkan mesin.

  • Tidak keseringan mengatur suhu di bawah 22 derajat Celcius.

Suhu 22 derajat Celcius sebenarnya sudah cukup sejuk untuk yang tinggal di Indonesia. Namun tak jarang yang menyukai menyalakan AC di dengan suhu rendah di bawah 22 derajat Celcius. Padahal hal ini jika terlalu sering akan menyebabkan mesin AC cepat panas.

  • Tidak merokok di ruangan yang ber-AC.

Larangan untuk tidak merokok di ruangan ber-AC bukanlah tanpa sebab. Asap rokok yang mencemari udara bisa menyebabkan AC cepat kotor. Saat AC kotor, maka kinerjanya pun menjadi lebih berat. Dan daya listrik yang digunakan juga semakin besar sehingga berimbas ke pemborosan listrik.

  • Jangan langsung menyalakan AC yang baru saja di matikan.

Jika hal ini dilakukan akan berimbas pada compressor yang cepat rusak. Sebab freon dan oli pada compressor dipaksa untuk cepat kembali ke compressor tanpa ada selang waktu.

  • AC rutin dibersihkan.

AC kantor juga harus dilakukan perawatan kebersihan secara berkala agar kotoran yang masuk tidak menurunkan kinerjanya. Seperti pada filter, coil kondensor, ataupun sirip AC. Dengan dibersihkan secara rutin maka performa AC bisa tetap baik hingga beberapa tahun ke depan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *