Cara Cerdas Memilih Kertas HVS yang Tepat Agar Mendapatkan yang Sesuai Kebutuhan

Cara Cerdas Memilih Kertas HVS yang Tepat Agar Mendapatkan yang Sesuai Kebutuhan

Anak sekolah, anak kuliah, sampai pekerja kantoran dijamin kerap bersinggungan dengan kertas HVS baik untuk kebutuhan cetak dokumen maupun fotokopi. HVS merupakan sejenis kertas polos berwarna putih yang tentunya sering digunakan untuk pembuatan aneka dokumen maupun laporan. Kertas ini kerap dihubungkan dengan mesin printer maupun fotokopi, sebab warnanya yang putih polos membuat hasil cetakan dan kopian lebih jelas. Rupanya di pasaran jenis kertas satu ini cukup banyak maka ketika hendak membelinya pahami karakter HVS yang sesuai kebutuhan.

Cara Cerdas Memilih Kertas HVS yang Tepat Agar Mendapatkan yang Sesuai Kebutuhan

Memilih HVS yang Tepat

Pada saat membeli kertas jenis HVS ini tentu ada beberapa hal yang musti diperhatikan untuk mendapatkan yang bagus dan sesuai kebutuhan. Berikut detail yang musti diperhatikan:

  • Merek kertasnya,

Ketika masuk ke toko alat tulis maka dijamin akan menjumpai beberapa brand yang memproduksi kertas bernama HVS ini. Pada saat memilih Anda kerap menimbang masalah harga dan tentunya selalu memilih yang termurah. Namun cobalah menengok reputasi mereknya, sebab merek yang bagus dan sering direkomendasikan biasanya memberi kualitas terbaik. Sedikit agak mahal namun sejalan dengan kualitasnya sehingga pekerjaan apapun di kertas satu ini terasa lebih sempurna.

  • Ketebalan kertas,

Selain merek yang beragam produk kertas HVS ini ternyata juga punya tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Tak perlu mengukur seberapa millimeter tebalnya cukup lihat keterangan di dalam kemasannya. Biasanya dicantumkan dalam satuan berat yakni gram, dimulai dari 60 gram, 70 gram, dan seterusnya. Semakin berat kertas tersebut maka semakin tebal namun yang paling tebal belum tentu sesuai kebutuhan. Menentukan ketebalan HVS baiknya disesuaikan dengan mesin printer dan fotokopi yang digunakan.

  • Ukuran kertas,

Pembelian kertas jenis HVS ini baiknya juga memperhatikan masalah ukuran, jadi berbeda dengan ketebalan kertas. Ukuran ini lebih kepada detail panjang dan lebar kertas yang di pasaran tersedia beberapa pilihan. Seringnya untuk urusan kantor mempergunakan HVS ukuran A4 dan juga ukuran folio. Ukuran folio cenderung lebih panjang dan sering dipakai untuk pembuatan surat resmi, sedangkan dokumen lainnya lumrah mempergunakan ukuran A4. Namun kembali lagi wajib disesuaikan kebutuhan Anda sendiri sehingga ukurannya pas dan tidak ada yang terbuang.

  • Permukaan kertas,

Salah satu hal yang baiknya dipertimbangkan dalam memilih kertas jenis HVS dan sayangnya sering diabaikan adalah melirik permukaan kertas tersebut. Semakin halus permukaannya maka semakin licin dan cenderung digunakan untuk mesin modern seperti printer dengan fitur masa kini. Sehingga pastikan memilih kertas dengan tekstur agak kasar namun tidak berlebihan sebab tekstur yang terlalu kasar malah mudah tersangkut di printer. Silahkan mengecek kualitas permukaan kertas HVS yang dipakai sebelumnya sebagai acuan agar tidak salah beli.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *