Cara Membuat Kop Surat Dinas yang Tepat dan Benar untuk Anda Tiru

Dalam hal pembuatan surat tentu saja tidak dapat dilakukan dengan cara yang sembarangan. Karena pada setiap surat akan diberikan syarat serta ketentuan yang wajib untuk Anda perhatikan dengan sebaik mungkin. Terlebih lagi untuk jenis surat dinas ada banyak hal yang wajib untuk Anda perhatikan dengan sebaik mungkin, termasuk pada bagian kop surat atau kepala surat yang harus dituliskan dengan cara yang benar dan tepat. Sedangkan untuk ketentuan inilah yang memiliki nilai resmi serta secara kedinasan yang nantinya akan diakui sebagai surat yang valid. Karena dalam hal pembuatan surat dinas dengan cara yang tepat dan baik adalah penting dan harus diperhatikan dengan baik.

Sedangkan untuk membuat kepala surat itu sendiri pun ada 5 bagian penting yang wajib untuk dicantumkan semua, karena pada biasanya untuk surat dinas yang resmi dan professional inilah yang wajib untuk memiliki lima bagian ini. Sehingga sebelum membuat surat dinas dan Anda belum mengetahui hal-hal apa saja yang wajib untuk dicantumkan dalam surat, maka Anda wajib untuk mempelajarinya.

Berikut ini adalah hal yang perlu untuk Anda perhatikan dengan sebaik mungkin sebelum membuat kop surat atau kepala surat, yaitu sebagai berikut ini:

  • Nama instansi atau lembaga atau perusahaan.

Untuk bagian ini ditulis dengan huruf capital untuk memperjelas pada jati diri dari suatu instansi.

  • Nomor telepon, email dan fax.

Gunakan huruf kapital pada penulisan telepon, email dan fax.

  • Alamat instansi.

Tuliskan alamat instansi secara benar dan lengkap. Untuk nama jalan maka awali dengan huruf kapital.

  • Kode pos wilayah Anda.

Untuk kode pos ini disatukan dengan telepon yang mana telepon dan kode pos tersebut langsung diikuti nomor tanpa menggunakan tanda titik dua terlebih dahulu.

Baca Juga: PERALATAN KANTOR DAN FUNGSINYA

  • Logo instansi.

Untuk logo pada instansi ini pun juga harus di ikut sertakan.

Setelah pada beberapa bagian yang penting yang ada di atas sudah Anda ketahui maka Anda dapat untuk melakukan pembuatan surat dengan benar, yaitu:

  1. Anda dapat menekan CTRL + E untuk menegakkan tulisan.
  2. Sisipkan logo instansi menggunakan pengaturan wrap text light/thought.
  3. Untuk pembuatan garis maka Anda dapat untuk menggunakan shape untuk membuat 2 garis melintang yang mana garis yang satunya jauh lebih besar dari garis-garis yang lainnya.

Dalam hal pembuatan kop surat atau kepala surat ini pun dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah dan juga praktis, terlebih lagi dalam hal pembuatan kepala surat ini pun wajib untuk Anda perhatikan segala hanya dengan sebaik mungkin, termasuk dalam hal syarat serta ketentuan yang telah diberikan dalam hal pembuatan kepala surat yang ada pada jenis surat dinas.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *