Cara Menata Ruang Meeting yang Tepat Agar Rapat Berjalan Optimal

Cara Menata Ruang Meeting yang Tepat Agar Rapat Berjalan Optimal

Di dalam sebuah kantor terdapat beberapa pembagian ruang mulai dari ruangan kerja, ruangan rapat atau yang dikenal sebagai ruang meeting hingga ruang khusus yang digunakan untuk menyimpan setiap berkas atau dokumen. Bisa dikatakan ruang rapat ini termasuk bagian yang sangat penting, mengingat apapun jenis bidang atau divisinya, maka bagian yang satu ini termasuk yang sangat dibutuhkan. Fungsi utamanya sendiri tentu saja untuk melakukan pertemuan, dengan membahas satu atau dua macam hal penting agar nantinya semua anggota atau karyawan bisa menyimaknya.

Cara Menata Ruang Meeting yang Tepat Agar Rapat Berjalan Optimal 

Biasanya ruang pertemuan ini memang sengaja di konsep secara khusus sehingga tampak lebih nyaman dan memungkinkan semua anggota di dalamnya dapat saling berkomunikasi secara langsung, jadi tukar pikiran atau pendapat nantinya bisa dilakukan secara lebih mudah. Agar ruang meeting di dalam perusahaan dari lebih efektif fungsinya, juga nyaman dipakai dalam rapat, maka berikut ini tips penataan yang bisa Anda coba, diantaranya adalah:

  1. Model U, ini adalah model yang paling banyak dipakai di dalam sebuah perusahaan, karena efektif semua anggota di dalam rapat tersebut terlihat secara jelas dan dapat berkomunikasi secara normal. Hanya saja jika melihat dari segi jumlah karyawan atau anggota yang terlalu besar memang kurang efektif, model ini lebih cocok untuk jumlah anggota yang tidak terlalu banyak.
  2. Model teater, ini adalah model penataan yang paling cocok untuk meeting bersama dengan banyak orang, karena jumlah kursi dapat diisi dengan jumlah lebih banyak, hanya saja karena memang bentuknya memanjang dari depan ke belakang juga banyak, terkadang suasana menjadi kurang begitu efektif dalam rapat.
  3. Model kelas, model kelas ini juga banyak dipilih untuk penataan, dimana nantinya akan dijejer bangku-bangku dan juga meja secara rapi, meja ini difungsikan sebagai tempat untuk menaruh laptop atau minuman juga alat tulis yang nantinya digunakan untuk mencatat.
  4. Model konferensi, model yang ditujukan untuk pertemuan yang membahas mengenai sebuah hal penting atau mendalam, biasanya jumlah yang hadir tidak terlalu banyak dan tertuju pada mereka yang memiliki jabatan atau posisi-posisi penting saja dalam sebuah perusahaan. Suasana lebih kondusif dan interaksi dapat berjalan secara lebih baik.
  5. Model berongga atau O, menggunakan jenis meja khusus yang memiliki bentuk O, sedangkan setiap anggota yang hadir nantinya akan duduk pada kursi yang juga dipasang secara melingkar. Interaksi menjadi lebih nyaman dan juga efektif, namun hanya ditujukan untuk anggota meeting yang jumlahnya sedikit.

Penataan ruang meeting ini penting diperhatikan agar kualitasnya lebih nyaman dan efektif untuk membahas mengenai hal penting dalam sebuah perusahaan tersebut, karena meeting tidak sekedar duduk dan mengobrol bersama.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *