Cara Menghilangkan Noda Tinta Pulpen Pada Baju dengan Mudah

Pulpen berasal dari bahasa Belanda yaitu vulpen. Alat tulis ini merupakan alat tulis dengan mata pena yang memiliki ujung yang tajam dan dilengkapi dengan pegangan yang di bagian dalamnya berisi kantong tinta yang dapat diisi kembali. Hampir sebagian besar menyamakan vulpen dengan bolpoin akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan yaitu dari cara penggunaannya. Jika bolpoin harus ditekan terlebih dahulu agar bisa menulis, maka pada pena dengan ujung tajam ini tidak perlu ditekan sebab tinta akan mengalir dengan sendirinya ke mata pena dengan bantuan gravitasi dan kapilaritas.

Pena ini umumnya dipergunakan oleh para pebisnis karena penggunaannya yang mudah serta memiliki tingkat kejelasan yang lebih dibandingkan bolpoin dan tidak mudah macet. Akan tetapi, walaupun nyaman dipergunakan, vulpen juga terkadang mengalami malfungsi sehingga tinta dari alat tulis tersebut tumpah atau mengotori baju Anda. Untuk mengatasi noda tersebut, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan.

Pertama adalah segera ditangani. Tinta pulpen yang dibiarkan mengering dan terus menerus tanpa penanganan misalnya tidak segera dibersihkan akan semakin masuk ke dalam serat baju sehingga noda menjadi susah untuk dihilangkan. Kedua adalah hindari untuk menggosoknya terlalu keras. Saat Anda membersihkan noda yang disebabkan karena tinta, hindari untuk menggosok terlalu kencang dan keras karena bisa menyebabkan noda tersebar. Anda bisa menggunakan lapisan kain atau kain lap yang diletakkan di bawah baju Anda untuk menyerap kelebihan noda dan Anda bisa membersihkannya dengan lebih mudah.

Ketiga adalah menjauhkannya dari sumber panas. Hindari menggunakan air panas saat membersihkan noda tinta sebab air panas bisa menyebabkan noda menjadi semakin erat di serat pakaian sehingga membuat noda tersebut susah untuk dihilangkan. Selain itu, hindari dari sinar matahari ataupun mesin pengering pakaian. Anda bisa menggunakan deterjen cair di atas noda dan kucek perlahan untuk melunturkan noda agar tinta menjadi lebih mudah untuk dihilangkan.

Cara lain untuk menghilangkan noda tinta pulpen pada baju agar tidak mengganggu penampilan Anda adalah:

  • Gunakan susu. Caranya adalah rendam bagian yang terkena noda tinta tersebut dengan menggunakan susu dan tunggu hingga beberapa jam sebelum Anda membersihkannya seperti biasa.
  • Pasta gigi. Oleskan pasta gigi pada noda, tepuk-tepuk dengan jari, gosok sebentar lalu bilas dengan air.
  • Menggunakan alkohol. Caranya adalah dengan merendam bagian yang bernoda selama beberapa menit sebelum Anda menguceknya. Fungsi alkohol adalah untuk melonggarkan partikel tinta di serat kain agar lebih mudah dibersihkan.
  • Hand sanitizer. Oleskan hand sanitizer di pakaian kering yang belum Anda rendam atau belum diberi deterjen. Gunakan sikat gigi bekas untuk mengoleskannya secara perlahan agar noda tidak melebar. Lalu kucek sebentar dan cuci seperti biasa.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *