Cara Menjaga Tinta Printer Agar Selalu Prima Saat Akan Digunakan

Cara Menjaga Tinta Printer Agar Selalu Prima Saat Akan Digunakan

Komputer dan laptop sekarang ini menjadi perangkat yang sangat umum digunakan mulai dari tingkat pelajar, mahasiswa hingga pekerja. Dengan komputer berbagai pekerjaan akan lebih mudah dikerjakan apalagi kini komputer dapat menghubungkan Anda dengan internet sebagai pusat sumber informasi. Akan tetapi, tak selamanya komputer bisa bekerja sendiri. Untuk menghasilkan keluaran, maka komputer membutuhkan perangkat keras lainnya seperti monitor dan printer. Printer pun untuk melakukan kerjanya memerlukan tinta printer yang selalu siap di dalam tabung printer ketika akan digunakan.

 Cara Menjaga Tinta Printer Agar Selalu Prima Saat Akan Digunakan

Keinginan Anda untuk mencetak dokumen dari komputer melalui printer bisa terkendala jika tinta di dalam printer mengalami gangguan. Gangguan tersebut bisa dari berbagai hal misalnya tersendatnya selang infus, lepasnya selang dari konektor, hingga tinta yang habis dan cartridge yang terlanjur kering. Jika untuk mencetak dokumen biasa maka menunggu hingga printer selesai diperbaiki tidak menjadi masalah besar. Namun jika mencetak diperlukan untuk kebutuhan kantor yang harus segera dikumpulkan maka akan menimbulkan masalah yang lebih besar. 

Untuk mengatasi masalah tersebut mungkin Anda akan memerlukan tenaga ahli yang bisa membongkar printer dan menemukan permasalahan sekaligus memperbaikinya. Tak jarang Anda harus berurusan dengan lamanya durasi service serta mahalnya ongkos service yang dibebankan. Meski selalu ada cara untuk mengatasinya, namun ada baiknya Anda lebih menerapkan tindakan preventif yaitu pencegahan yang lebih mudah. Berikut ini adalah cara untuk menjaga kondisi tinta printer agar selalu siap ketika akan digunakan: 

  • Gunakan printer setiap hari.

Pastikan Anda menggunakan mesin printer Anda setiap harinya agar aliran tinta selalu lancar dan tak ada partikel yang menghalangi. Meski tak ada pekerjaan yang ingin di cetak, Anda melakukan cleaning yang diakhiri dengan mencetak hasil cleaning. 

  • Jangan sampai kehabisan tinta.

Ketika akan mencetak dokumen atau foto, pastikan Anda mengecek kondisi tinta. Jika tinta sudah hampir habis, segera isi tabung sesuai dengan warna dan jenis tinta yang diperlukan. Umumnya tinta hitam akan lebih cepat habis karena lebih sering digunakan untuk menulis text.

  • Rajin maintenance.

Terdapat fitur maintenance di setiap driver printer yang perlu Anda lakukan minimal seminggu sekali untuk mengecek kondisi tinta dan printer.

  • Tinta original.

Yang tak kalah penting, gunakan tinta original sehingga kualitas tinta yang digunakan sesuai dengan printer dimana tinta tak akan mudah menggumpal.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi tinta printer agar selalu siap untuk digunakan kapan saja. Jangan sembarang membeli tinta karena komposisi tinta yang diperlukan untuk tiap mesin printer dan serinya tidaklah sama. Sesuaikan seri printer dengan seri tinta sebelum Anda mengisi tinta agar tidak merusak cartridge.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *