Cara Merawat Furniture Minimalis Rotan Agar Lebih Terawat & Tahan Lama

Memiliki kursi tamu yang cantik harus dibarengi dengan perawatan yang benar, jika salah bisa membuat kursi terlihat kusam dan cepat rusak. Merawat furniture minimalis bahan rotan dengan bahan kayu jelas berbeda, karena karakteristik masing-masing bahannya berbeda pula.

Furniture rotan kalah bersaing dengan furniture kayu. Dari segi bentuk furniture memiliki struktur yang rumit dengan keunikannya. Bagi Anda yang memiliki furniture rotan berikut tips cara merawat agar keindahannya tetap terjaga:

Membersihkan Debu

Biasanya membersihkan debu yang menempel pada furniture menggunakan lap yang dibasahi terlebih dahulu. Cara tersebut tidak salah, namun kami rekomendasikan mencuci furniture terlebih dahulu. Gunakan mesin penghisap debu atau kuas untuk menjangkau celah-celah yang sulit terjangkau.

Jangan menekan permukaan anyaman terlalu keras agar anyaman tidak lepas. Anyaman yang terlepas bisa membuat tampilan furniture jadi tidak menarik dan bisa menggores kulit.

Selain kuas, Anda bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan. Pilih sikat yang ukurannya kecil dengan bulu-bulu pada ujungnya. Basahi ujung sikat gigi agar membersihkannya lebih efektif.

  1. Rapikan Furnitur

Seiring usia furniture bertambah bisa meuncul serabut-serabut rotan. Jangan menarik serabut karena bisa membuat serabut malah menyebar. Sebaiknya rapihkan dengan gunting setiap serabut yang mencuat.

  1. Bersihkan dengan Larutan Detergen

Siapkan air di dalam ember, lalu taburkan detergen. Air detergen ternsebut diguankan untuk membersihkan furniture rotan. Caranya bisa menggunakan lap. Jika furniture  Anda terbuat dari rotan alami gunakan kaitan kain lembab . lalu bersihkan kembali dengan lap menggunakan air bersih. Bersihkan hingga busa tidak tersisa. Tidak dianjurkan menggunakan larutan yang mengandung bahan kimia.

Baca Juga: FURNITURE MINIMALIS BAGI RUMAH MINIMALIS, CUKUP PAKAI YANG PENTING SAJA!

  1. Keringkan

Tahap terakhir merawat furniture minimalis bahan rotan adalah mengeringkannya. Pastikan furniture benar-benar kering, tapi jangan paksa menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Jika dijemur terlalu panas malah membuat furniture lekat dan cepat kering.

Anda bisa menggunakan bantuan hair dryer tapi dengan posisi yang sedang (tidak terlalu panas). Perlu diingat pula furniture rotan bahan alami tidak disarankan terlalu basah dalam jangaka yang lama karena sangat berpotensi ditumbuhi jamur.

  1. Jauhkan dari Rayap

Agar terhidar dari rayap, bisa gunakan kamper atau kapur barus. Masukkan dalam lubang-lubang rotan.

Nah, mudah sekali bukan. Furniture yang lebih bersih bisa membuat tampilan rumah Anda menjadi bersih juga. Jika warnanya sudah memudah, Anda dapat mengecatnya atau memoles vernis. Lakukan tips perawatan tersebut seminggu satu kali. Selamat mencoba!

Dalam mendesain ruang tamu agar terlihat cantik tentu tidak hanya tepat memilih model furniture minimalis saja, tetapi banyak hal yang berperan membangun ruang menjadi lebih harmonis dan cantik misalnya penataannya, warna cat dinding, warna interior dan bagaimana cara merawatnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *