Cara Merawat Scanner Komputer dengan Benar

Scanner adalah alat untuk menduplikat gambar atau dokumen menjadi bentuk file yang disimpan dikomputer atau laptop. Alat ini memiliki beberapa bagian yaitu: bagian penutup, pengendali dan bagian kaca (scan). Scanner termasuk peralatan elektronik yang sensitif namun tidak terlalu sulit dibersihkan jika tahu bagaimana cara merawat scanner yang benar.

Alat ini harus rutin dibersihkan agar tetap bersih dari debu. Jika tidak, tentu kotoran dan debu akan menempel membuat kinerja alat ini berkurang dan jika terlalu lama didiamkan bisa menimbulkan masalah.

Beberapa masalah yang biasanya ditemui pada alat ini adalah gambar hasil scan tidak jernih, terjadi kesalahan saat menjalankan proses scan atau yang terparah mesin scan tidak berfungsi dengan baik akibat ada kerusakan.  Anda tentu tidak ingin saat benar-benar membutuhkan mesin ini ternyata tidak berfungsi dengan bail. Oleh sebab itu dengan mengetahui fungsi bagian-bagian mesin dan cara perawatannya bisa mempermudah Anda untuk melakukan perawatan sendiri tanpa harus memanggil ahlinya. Berikut adalah cara merawat scanner yang benar :

Membersihkan Permukaan Kaca

Kaca scanner harus dibersihkan menggunakan lap bahan microfiber yang tidak memiliki serat. Sehingga pada saat membersihkan kaca tidak ada serat kain tertinggal di permukaan kaca. Pastikan lap yang digunakan dalam kondisi bersih dan halus.

Membersihkan Bagian Dalam Scanner

Merawat scanner bagian dalam mesin caranya harus dibongkar terlebih dahulu kemudian dipasang kembali. Biasanya kotoran yang menempel di bagian dalam berupa debu yang menyelip dibeberapa bagian. Jika didiamkan bisa membuat penumpukan debu. Cara membersihkannya gunakan bantuan kapas dan cairan alcohol kemudian gosok dengan lembut bagian yang akan dibersihkan. Saat membersihkan bagian dalam scan pastikan mesin scanner dalam kondisi mati.

Baca Juga: CARA MERAWAT PRINTER INFUSE DAN MASALAH YANG SERING TERJADI

Menggunakan Bagian Penutup

Saat Anda akan memindai lembaran dokumen dari majalah atau buku yang tebal, sebaiknya tidak menggunakan tutup scan untuk menekan. Karena jika terlalu dipaksa menekan bisa menyebabkan bagian engsel penutup kendor atau terlepas.  Saat menscan, pastikan tidak ada plaster atau staples yang menempel pada kertas karena bisa menyebabkan kaca rusak atau tergores. Jika scan tidak digunakan sebaiknya segera matikan mesin scanner. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah masalah pada bagian mesin.

Jika scanner milik Anda jenis flat bad maka membutuhkan keterampilan saat digunakan karena pemakaiannya agak sulit dibandingkan mesin scan yang lain. Diperlukan kesabaran saat menggerakkan tangan agar gambar yang dipindai tidak rusak atau kabur.

Merawat scanner bisa dikerjakan sendiri di rumah dan akan lebih mudah jika Anda mengetahui apa saja fungsi dan bagian-bagian scan. Jika dirawat dengan baik maka performanyapun akan berjalan dengan baik pula.  Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan selamat mencoba!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *