Cara Mudah Menjaga AC Tetap Awet

Cara Mudah Menjaga AC Tetap Awet

AC adalah perangkat elektronik yang diperlukan untuk mendiginkan udara di dalam ruangan. AC sangat cocok dipakai di negara tropis yang lebih dominan dengan udara dan suasana yang panas. Apalagi saat ini sudah banyak  produk AC hemat energi yang lebih ramah lingkungan dan tetap memberikan kenyamanan.

Cara Mudah Menjaga AC Tetap Awet

Sebagai alat elektronik, AC juga termasuk perangkat yang mudah mengalami kerusakan. Penggunaan AC bisa tidak tahan lama karena tidak dirawat dengan cara yang baik dan benar. Padahal, jika dirawat dengan benar, AC bisa bertahan untuk waktu yang sangat lama.

Apakah kamu juga ingin memiliki AC yang tahan lama? Berikut akan kita bahas apa saja cara yang bisa dilakukan agar membuat AC tetap tahan lama dan dingin meskipun sudah dipakai cukup lama.

5 Cara Menjaga AC agar Tetap Awet

AC juga membutuhkan perawatan dan perlakuan yang benar. Jika dirawat dnegan cara yang tepat, AC bisa bertahan lama dan tetap memiliki performa yang maksimal. Berikut 5 cara jitu untuk menjaga agar AC tetap awet digunakan.

  • Atur Suhu yang Normal

Atur AC yang kamu gunakan dengan suhu yang normal. Jangan terlalu sering mengatur suhu dalam angka yang terlalu rendah. Hal ini bisa menyebabkan AC bekerja terlalu berat dan jika dilakukan terus menerus maka performa AC akan berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

  • Matikan AC saat Tidak Digunakan

Untuk menjaga AC tetap awet, jangan lupa untuk selalu mematikan AC ketika kamu meninggalkan ruangan untuk waktu yang lama. Jika AC tetap dinyalakan meskipun tidak dibutuhkan maka kinerja AC semakin berat dan bisa membuat AC tidak bertahan lama.

  • Buat Pengaturan Timer

Atur timer untuk suhu AC yang kamu gunakan. Misalnya ketika tidur, atur timer sehingga suhu meningkat ketika dini hari atau subuh. Dengan mengatur timer, kamu bisa lebih menghemat daya karena bisa diatur penurunan dan kenaikan suhu sesuai keinginan.

  • Bersihkan AC

Kebersihan AC akan sangat mempengaruhi performa dan ketahanan AC. Usahakan untuk melakukan pembersihan AC secara berkala. Kotoran yang mengendap di AC bisa merusak AC jika tidak dibersihkan dengan baik.

  • Cek Freon AC

Mintalah teknisi AC untuk melakukan pemeriksaan freon pada AC. Pemeriksaan freon bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali. Dengan begitu, kamu bisa langsung tahu jika terjadi kerusakan atau gangguan pada AC ini.

Agar AC bisa bertahan lama, intinya terletak pada bagaimana caramu menggunakannya. Kamu juga harus menerapkan metode perawatan yang benar. Jika tidak bisa membersihkan sendiri maka kamu bisa meminta bantuan teknisi AC.

Memiliki AC yang tahan lama tentu akan sangat menguntungkan. Kamu bisa lebih menghemat banyak uang karena tidak harus sering-sering mengganti AC dengan yang baru. Semoga tips menjaga AC tetap awet di artikel ini bisa memberikan inspirasi untukmu.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *