Cara Mudah untuk Tetap Hemat Listrik Meskipun Menggunakan AC

Cara Mudah untuk Tetap Hemat Listrik Meskipun Menggunakan AC

AC adalah salah satu perangkat elektronik yang sangat penting untuk dimiliki apalagi oleh penduduk negara tropis seperti Indonesia. Di tengah panasnya udara, kita bisa tetap merasa nyaman di dalam rumah dengan menggunakan AC.

Cara Mudah untuk Tetap Hemat Listrik Meskipun Menggunakan AC

Sayangnya, AC seringkali menjadi penyebab tagihan listrik melonjak tajam. Oleh karena itu banyak orang yang kemudian memutuskan untuk tidak menggunakan AC karena tagihan listrik yang terus melonjak. Padahal dengan adanya AC kita bisa lebih nyaman beraktivitas di dalam rumah.

Sebenarnya, kamu bisa menghemat listrik meskipun menggunakan AC. Ada cara-cara jitu yang bisa kamu lakukan agar tagihan listrik tetap hemat walau kamu masih memakai AC.

Tips Berhemat Listrik Meskipun Memakai AC

Berikut beberapa tips jitu yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa menghemat tagihan listrik tanpa harus memangkas penggunaan AC.

  • Hanya Nyalakan AC saat Dibutuhkan

Jangan selalu menyalakan AC apalagi ketika ruangan sedang kosong. Jika kamu sedang tidak membutuhkan, maka alangkah jauh lebih baik jika AC dimatikan. Dengan begitu kamu tidak akan membuang-buang energi tanpa dimanfaatkan dengan sebagaimana mestinya.

  • Gunakan Suhu Normal Ruangan

Ketika menggunakan AC pilihlah pengaturan suhu normal ruangan. Suhu normal di ruangan adalah 24 hingga 27 derajat celcius. Jika kamu mengatur suhu terlalu rendah maka energi yang dibutuhkan pun juga akan semakin tinggi dan ini bisa menyebabkan tingginya tagihan listrik.

  • Pastikan Ruangan Tertutup

Ketika menyalakan AC, pastikan ruangan tertutup dengan rapat tanpa ada celah yang terbuka. Jika ruangan tidak tertutup dengan rapat maka AC akan bekerja jauh lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Hal ini tentu akan membutuhkan tenaga listrik yang jauh lebih besar.

  • Sesuaikan Kapasitas AC

Jika kamu ingin lebih menghemat listrik, maka pilihlah AC dengan kapasitas yang paling sesuai dengan luas ruangan. Misalnya, jika ruangannya kecil maka gunakan AC berkapasitas 0.5 PK. Jika kamu menggunakan kapasitas AC besar di ruangan kecil maka akan membuang-buang energi.

  • Pilihan Produk Hemat Energi

Saat ini ada banyak merek AC yang menyediakan produk AC hemat energi. Meskipun biasanya AC hemat energi harganya jauh lebih mahal namun setara dengan penghematan yang bisa kamu rasakan. Dengan menggunakan AC hemat energi, kamu sudah ikut bergabung menyelamatkan lingkungan.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan agar bisa menghemat meskipun memakai AC. Kamu masih bsa berhemat sekaligus menikmati kenyamanan di ruangan dengan menggunakan AC.

Tidak perlu dilakukan langsung, lakukan kebiasaan berhemat perlahan-lahan. Biasakan diri untuk mematikan AC saat tidak digunakan dan kebiasaan penting lainnya untuk berhemat. Dengan mencoba tips-tips di artikel ini, kita tetap bisa merasakan kenikmatan AC tanpa harus menguras isi kantong.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *