Cara Sederhana Agar Harddisk Eksternal Awet Meski Sering Digunakan

Untuk menyimpan file seperti gambar, musik, video atau yang lainnya biasanya selain disimpan di kartu memori juga akan disimpan di perangkat yang disebut harddisk atau HDDKomponen perangkat keras tersebut ada yang terpasang di dalam device misalnya di komputer namun ada juga yang eksternal yang bisa dipergunakan untuk memori tambahan menyimpan beragam jenis file. Untuk menjaga agar HDD eksternal tersebut, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat dan menjaga agar HDD eksternal tersebut awet dan bisa dipergunakan dalam waktu lama.

Pertama adalah menggunakan opsi ‘safe remove hardware’. Saat hendak meng-eject HDD eksternal dari komputer atau dari laptop Anda gunakan opsi tersebut sehingga data yang ada di dalam device penyimpanannya tersebut tidak rusak. Hal tersebut disebabkan karena saat Anda menancapkan HDD tersebut ke komputer atau laptop dan mentransfer data maka banyak data yang belum tertulis dengan benar di HDD dan data masih tertinggal di cache memori. Sehingga jika dikeluarkan secara paksa bisa membuat master boot record menjadi rusak dan apabila terjadi berulang kali dapat menyebabkan HDD eksternal Anda harus diformat ulang.

Kedua adalah jangan sampai terbanting. Jika dibandingkan dengan flashdisk, HDD eksternal mempunyai komponen mekanik yang ada di bagian dalam yang menyebabkan device penyimpanan ini lebih rentan rusak dibandingkan flashdisk terutama jika terbentur atau jatuh. Ketika terjadi benturan yang cukup keras pada HDD akan menyebabkan komponen mekanik terganggu yang bisa menyebabkan harddisk eksternal tersebut rusak.

Baca juga tips dan trik nya untuk memilih hardisk untuk komputer anda. Simak selengkapnya di jadikomputer.com

Ketiga adalah jauhkan HDD eksternal Anda dari cairan dan benda bermagnet. Tidak sengaja menempatkan HDD eksternal di dekat gelas yang berisi air atau di dekat benda bermagnet bisa menyebabkan HDD bermasalah. Misalnya karena terkena air tidak sengaja bisa menyebabkan komponen elektronik konslet atau terjadi masalah lainnya, sedangkan jika berdekatan dengan benda bermagnet bisa menyebabkan komponen mekanik ditarik secara paksa oleh benda tersebut. Jika hal tersebut terjadi terus menerus bisa menyebabkan platter dan sistem HDD eksternal menjadi rusak.

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk merawat dan menjaga agar harddisk eksternal Anda tetap awet dipergunakan, yaitu:

  • Mempergunakan kabel Y untuk mendapat pasokan energi yang lebih baik sehingga menyebabkan kinerja dari benda elektronik yang terpasang seperti HDD eksternal yang terpasang di komputer Anda.
  • Hindari untuk terlalu sering mencabut pasang kabel USB sebab bisa menyebabkan konektor USB menjadi aus dan gesekan tembaga yang terjadi dapat menyebabkan kepala konektor HDD eksternal menjadi menipis. Akibatnya, kontroler menjadi rusak dan pasokan listrik serta arus data menjadi terganggu.
  • Hindari untuk menempatkan HDD eksternal di tempat yang kerap bergetar karena getaran yang berlebihan dapat menyebabkan kerja mekanik dari device penyimpanan tersebut. Akibatnya error sering terjadi dan HDD berhenti bekerja.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *