Cara Tepat Memilih Kertas HVS untuk Percetakan

Cara Tepat Memilih Kertas HVS untuk Percetakan

Kertas menjadi salah satu alat tulis wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang. Media untuk menulis ini umumnya berwarna putih dan sering digunakan untuk keperluan print ataupun copy. Di tempat percetakan, kertas HVS dan A4 harus selalu disediakan. Kertas tersebut dapat dibedakan berdasarkan ukuran serta kualitas sehingga hasil cetak juga akan berbeda terutama jika harus mencetak gambar dengan full color yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk percetakan.

Cara Tepat Memilih Kertas HVS untuk Percetakan 

Biasanya, kertas untuk percetakan misalnya printing, lebih murah untuk membeli di tempat distributor. Sebelum Anda membelinya, ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu merk kertas mana yang biasanya digunakan karena masing-masing merk dari kertas tersebut memiliki kelebihan tersendiri. Penggunaan kertas yang sesuai dengan print copy di percetakan Anda dapat menentukan kualitas pelayanan yang Anda miliki. Selain harus menentukan merek kertas mana yang akan Anda beli, Anda juga harus menentukan ukuran berat dari kertas tersebut. Umumnya, jenis HVS & A4 yang digunakan adalah 70 gr dan 80 gr.

Anda dapat membeli kertas HVS ataupun A4 di distributor atau di pedagang besar atau bahkan langsung dari pabriknya. Harga yang ditawarkan lebih murah jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh penjual besar yang memungkinkan Anda untuk membeli kertas secara grosir. Pilih penjual, baik distributor ataupun pedagang besar, yang tidak jauh dari tempat Anda untuk menghemat biaya pengiriman. Namun, jika Anda tidak masalah harus membayar biaya pengiriman, Anda harus memperhatikan hal berikut:

  • Jumlah barang misalnya berapa kotak kertas yang dapat dibeli secara grosir jika membelinya secara langsung di pabriknya.
  • Biaya yang Anda miliki.

Untuk membantu menghemat pengeluaran walaupun Anda sudah membeli HVS secara grosir yang lebih hemat dibandingkan dengan membeli per buahnya, terdapat beberapa tips untuk Anda, yaitu siapkan terlebih dahulu budget yang Anda miliki sebelum membeli. Besar sedikitnya budget tersebut tidak hanya akan menentukan berapa banyak jumlah kotak rim kertas yang dapat Anda beli.

Cara lain untuk membeli kertas HVS untuk percetakan di tempat grosir, yaitu: 

  • Tentukan jenis kertas apa saja yang Anda butuhkan. Anda dapat melihat cadangan kertas yang Anda butuhkan dan yang menipis yang mana, misalnya kertas yang memiliki ukuran 70 gr baik HVS atau A4 harus lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kertas yang berukuran 80 gr.
  • Kapan barang yang Anda beli harus sudah ada di tempat Anda. Anda harus memperhitungkan estimasi waktu pengiriman barang sehingga Anda tidak kekurangan kertas di saat Anda dibutuhkan, terutama bagi Anda yang membuka percetakan seperti print copy di daerah sekitar kampus.
  • Tenaga. Jika Anda membeli kertas baik HVS ataupun A4 dalam jumlah yang cukup banyak, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli kertas sendiri sehingga dapat membantu untuk mengurangi biaya pengiriman barang.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *