Cara Tepat Menentukan Harga Komputer Bekas yang Harus Anda Ketahui

Cara Tepat Menentukan Harga Komputer Bekas yang Harus Anda Ketahui

Kebutuhan akan permintaan komputer setiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan hampir setiap aspek pekerjaan membutuhkan alat yang satu ini. Komputer yang diambil dari bahasa Latin yaitu computer yang berarti menghitung ini memang dahulu hanya berfungsi sebagai alat penghitungan atau aritmetika. Namun perkembangan saat ini komputer bisa untuk melakukan berbagai kegiatan, diantaranya yaitu untuk mengolah data. Sehingga tak pelak mempengaruhi harga komputer itu sendiri di pasaran.

 Cara Tepat Menentukan Harga Komputer Bekas yang Harus Anda Ketahui

Perkembangan komputer yang bisa untuk mengolah data, gaming, pemrograman tentu juga seiring dengan berkembangnya kecanggihan teknologi komputer itu sendiri. Setiap spek yang ditawarkan tiap-tiap merk komputer sudah pasti menawarkan harga dengan jumlah yang berbeda. Dari yang berharga jutaan hingga yang belasan jutaan. Merk komputer PC bermacam-macam, diantaranya Dell, Samsung, Lenovo, LG, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan komputer untuk menunjang pekerjaan, tak jarang banyak yang lebih memilih membeli komputer second. Alasan yang paling utama tentu karena lebih menghemat uang. Bagi kalian yang ingin membeli komputer, sebaiknya berhati-hati dalam memilih. Karena jika salah dalam memilih hanya akan membuat kita rugi, terutama jika ditemukan adanya komponen yang rusak dan harus memperbaiki atau mengganti komponen dengan yang baru. Tentu menambah jumlah pengeluaran saja bukan?

Berikut ini beberapa cara menentukan harga komputer bekas, diantaranya yaitu:

Baca Juga:MEJA KOMPUTER TERBAIK DENGAN HARGA MURAH

  • Berdasarkan spesifikasi.

Spesifikasi tiap-tiap komputer berbeda-beda, mulai dari prosessornya, harddisk, RAM, DVD, Mainboard, Keyboard hingga Mouse. Komputer bekas sekalipun jika mempunyai prosesor, harddisk internal, serta RAM yang tinggi tentu masih sangat layak dijual dengan harga yang sedikit mahal. Untuk contoh kasus misalkan harga di pasaran untuk komputer dengan RAM 1GB adalah 1 juta. Maka jika mendapati ada komputer second dengan RAM 1 GB bisa dihargai sekitar 700-800 ribuan. Namun jika spesifikasi komputer second yang dibeli memiliki RAM 2 GB misalnya, maka kita bisa menentukan kisaran harganya 1 jutaan. Tidak ada perhitungan yang pasti sebenarnya, tapi hal ini bisa dijadikan patokan bagi yang sulit menentukan harga untuk komputer second.

  • Berdasarkan kualitas dan kekurangan komputer.

Komputer yang meskipun memiliki spesifikasi yang bagus mulai dari prosesor, harddisk internal, hingga RAM akan bernilai rendah jika memiliki kecacatan, seperti misalnya komputer retak, performa harddisk sudah mulai menurun, kualitas memori menurun, hingga monitor bergaris maupun kekurangan lain.

Mengetahui harga komputer second memang tidak mudah dibandingkan mencari informasi harga untuk komputer yang baru. Untuk mengetahui harga dari komputer yang baru bisa dari situs-situs jual beli alat elektronik yang satu ini. Tetapi untuk komputer second, tidak ada situs yang pasti. Jadi, beberapa cara tadi bisa dijadikan sedikit pedoman untuk menentukan harga dari komputer second. Semoga bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *