Cara Tepat Mengatur Meja Komputer

Cara Tepat Mengatur Meja Komputer

Pengaturan meja komputer harus dilakukan secara tepat karena akan berpengaruh pada kenyamanan penggunanya. Seperti kita ketahui bahwa tubuh harus mendapatkan posisi yang tepat agar bisa merasa nyaman dan dapat bekerja untuk waktu yang lama.

Cara Tepat Mengatur Meja Komputer

Cara mengatur meja akan menjadi informasi yang sangat bermanfaat bagi anda yang lebih banyak bekerja di balik meja. Apalagi jika pekerjaan itu mengharuskan anda berhadapan dengan layar komputer untuk waktu yang lama. Maka, pengaturan meja komputer harus sangat diperhatikan agar tidak terjadi gangguan kesehatan.

Ada beberapa jenis gangguan kesehatan yang bisa terjadi ketika seseorang tidak mengatur meja kerja mereka dengan baik. Pertama, punggung bisa terasa sakit dan yang kedua adalah penurunan kesehatan mata apalagi jika berhadapan dengan layar komputer.

Cara Mengatur Meja Komputer

Agar mendapatkan posisi yang pas dan nyaman dalam bekerja, berikut cara mengatur meja komputer yang bisa kamu praktikkan.

  • Atur Ketinggian

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengatur ketinggian meja yang kamu miliki. Pilihlah meja yang tingginya sesuai dengan postur tubuhmu. Postur tubuh sangat berpengaruh pada kenyamanan tubuh ketika bekerja. Pilih meja dengan ketinggian yang sesuai postur tubuhmu.

  • Pilih Kursi yang Pas

Pasangkan meja yang sudah kamu pilih dengan kursi yang pas. Kursi yang pas di sini maksudnya adalah kursi yang memiliki ketinggian yang sesuai dengan ketinggian meja dan postur tubuh yang kamu miliki. Dengan begitu, ketika bekerja nanti kamu akan merasa nyaman.

  • Atur Peletakkan Komputer

Posisikan komputer di tempat yang paling pas di atas meja. Jangan terlalu ke depan, ke belakang atau ke samping kanan kiri. Usahakan meletakkan komputer di tengah meja dan atur jarak yang nyaman antara layar komputer dengan mata.

  • Posisikan Meja dekat dengan Jendela

Jika ada jendela maka letakkan meja komputer ini di dekat jendela. Hal ini sangat penting untuk dilakukan apalagi jika kamu bekerja dengan komputer untuk waktu yang lama. Dengan memosisikan meja di dekat jendela maka akan jauh lebih mudah bagimu untuk mengistirahatkan mata dari layar.

  • Gunakan Acuan Pandangan Mata

Ketika mengatur meja dan komputermu, gunakan acuan pandangan mata ketika kamu duduk. Pastikan kedua matamu nyaman menatap layar komputer yang diletakkan di atas meja. Untuk memastikannya, kamu harus mencoba terlebih dahulu kemudian menghitung perkiraan posisi yang paling pas.

Mengatur meja komputer menjadi langkah yang penting untuk meningkatkan produktivitasmu. Dengan memiliki meja komputer yang diatur sebaik mungkin maka kamu akan merasa nyaman untuk bekerja di sana.

Seringkali tubuh akan merasa kesakitan dan pegal karena bekerja terlalu lama. Dengan pengaturan meja yang tepat, rasa sakit dan pegal ini bisa berkurang. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapian meja komputer agar kamu tetap nyaman bekerja di sana.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *