Ciri-Ciri Perabot Minimalis Dan Cara Perawatan Yang Benar

Desain furniture/ perabot minimalis memiliki karakteristik atau ciri-ciri yang membedakannya dengan konsep perabot lainnya. kelebihan furniture minimalis adalah memberikan kesan lebih kokoh, artistic dan unik. Hal itulah yang menjadi alasan furniture minimalis banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia.

Ciri khas furniture minimalis lainnya adalah polos tanpa hiasan atau ukiran. Ciri khas tersebut yang menjadi poin utama konsep minimalis. Berbeda dengan furniture gaya klasik biasanya terapat ukiran. Dari segi desain, perabot minimalis lebih simple mulai dari model hingga warnanya. Walaupun simple, umumnya multifungsi.

Meskti simple, proses pembuatan furniture ini membutuhkan keterampilan dari tangan-tangan pengrajin yang ahli dibidangnya. Tentu saja bahannya harus terbuat dari bahan yang berkualitas. Itu sebabnya ada sebagian furniture yang dibandrol dengan harga yang lumayan mahal. Lebih jelasya berikut ciri-ciri furniture minimalis yang perlu Anda ketahui.

Kokoh Dan Kuat

Ciri khas yang pertama dari desain furniture minimalis adalah desainnya yang kokoh, artinya furniturenya dapat bertahan lama kurang lebih 10 – 15 tahun jika dibarengi dengan perawatan yang benar. Tentu saja hal ini sangat diinginkan oleh pembeli, karena pembeli tidak perlu membeli barang yang sama karena rusak dsb. Artinya memiliki furniture minimalis lebih hemat.

Artistik Dan Unik

Karena umumnya furniture minimalis dibuat secaara manual, hasilnya terlihat artistic dan unik. Bahkan ada beberapa jenis furniture yang diproduksi hanya beberapa saja dan hal tersebut menjadi minat kolektor untuk mengkoleksinya.

Baca Juga: HARGA PERABOT MINIMALIS RUMAH TANGGA, JANUARI 2017

Sederhana

Sederhana, simple merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan karaktersitik furniture minimalis. Umumnya tidak ada hiasan ini itu, cocok dengan kecenderungan orang Indonesia menyukai hal-hal yang sederhana. Warnanya yang khas tidak terlalu mencolok membuat ruangan menjadi lebih nyaman dan indah dilihat. Walaupun terlihat sederhana dan simple, pemilik furniture wajib merawat dengan baik agar tetap terjaga kondisinya.

Merawat furniture tidak bisa sembarangan, harus sesuai dengan bahannya. Karena setiap bahan memiliki karakteristik yang berbeda-beda, artinya cara perawatannya-pun berbeda. Jika terbuat dari kayu, gunakan pembersih khusus dan lakukan 1 atau 2 bulan sekali agar kondisi kayunya tetap lembab, Jika kayu kehilangan kelembabannya bisa menyebabkan kayu kehilangan kekokohannya dengan cepat.

Selain melakukan perawatan yang benar, poin yang tidak kalah penting adalah memperlakukan furniture dengan baik. Contohnya: menyimpan furniture di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan bukan tempat yang lembab. Karena bisa menyebabkan furniture cepat rusak, warnanya kusam dan melengkung. Tempat yang lembab membuat furniture jadi sarang serangga atau rayap. Jika akan memindahkan furniture hindari menggesernya. Sebaiknya furniture diangkat pelan-pelan.

Itulah penjelasan singkat seputar furniture/ perabot minimalis dan cara perawatannya. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *