Dekorasi Rumah Minimalis yang Membuat Rumah Terlihat Lebih Mewah

Setiap model rumah memiliki ciri khas dekorasi yang diusung. Itu sebabnya menentukan dekorasi rumah perlu mempertimbangkan beberapa faktor, mulai dari ukuran furniture, bahan, model dan penempatan. Salah satu model dekorasi yang sekarang menjadi banyak pilihan masyarakat adalah dekorasi minimalis. Ada banyak ide yang bisa diaplikasikan merancang dekorasi rumah minimalis yang sederhana namun memberikan kesan mewah.

Pilih Tema Dekorasi Rumah

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema atau konsep terlebih dulu. Misalkan jika Anda ingin menggunakan tema alam, berarti bisa menggunakan furniture yang didominasi bahan kayu dengan warna-warna yang dekat dengan alam, contohnya: hijau, biru, coklat atau putih.

Untuk hiasan dekorasi bisa pilih bas bunga yang berisi bunga atau tanaman hidup, lukisan tema pemandangan, air yang mengalir pada kaca. Dengan demikian seluruh dekorasi yang terdapat dalam ruangan selaras dengan tema yang sudah ditentukan.

Gunakan Wallpaper

Wallpaper adalah kertas yang digunakan untuk melapisi dinding. Tidak semua dinding harus diberi wallpaper, cukup beberapa ruangan saja. Misalnya pada ruang keluarga, bisa menggunakan wallpaper dengan warna soft yang agak cerah sehingga bisa memberikan efek psikologis anggota keluarga yang sedang berada di ruang tersebut menjadi lebih ceria. Selain itu ruangan bisa terlihat lebih luas walaupun ukurannya terbatas.

Furniture

Pemilihan meubel rumah minimalis sebaiknya dipilih sesuai dengan konsep minimalis itu sendiri. Memilih meubel yang ukurannya besar akan terlihat tidak seimbang dan berbenturan dengan konsep rumah yang digunakan.  Jadi hindari memilih kursi kayu jati ukiran yang bergaya klasik. Misalnya: Anda bisa pilih sofa yang mungil dengan warna yang sesuai dengan warna cat dinding.

Sesuai namanya sebaiknya Anda pilih furniture yang didesain multi fungsi, contohnya: kursi yang bisa dijadikan box penyimpanan barang pada bagian bawahnya, lemari tanam dsb.

Dinding

Selain furniture, poin yang mempengaruhi suasana dan kenyamanan rumah adalah warna cat dinding. Jika ruangan di rumah Anda kecil dan ingin terlihat lebih besar dan luas caranya bisa mengecat langit-langit dengan warna yang sama dengan dinding. Teknik tersebut dapat mengaburkan batas langit-langit dan dinding sehingga ruangan terlihat lebih luas.

Selain sebagai pembatas, fungsi dinding juga sebagai tempat untuk menggantungkan hiasan, foto dan lain sebagainya. Namun sebaiknya, jangan gantungkan hiasan terlalu berlebihan karena bisa membuat ruangan terlihat sumpek dan membingungkan.

Selain memilih warna cat yang tepat, jika ingin membuat ruangan terlihat luas adalah dengan menggunaka cermin. Itulah pembahasan mengenai dekorasi rumah minimalis yang bisa Anda jadikan referensi mendekor rumah Anda. Untuk mendapatkan gambaran atau ide yang beragam, caranya bisa mencari contoh gambar yang tersedia di website atau situs di internet. Selamat berkreasi!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *